Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Contoh dari 5 Cabang Seni

Kompas.com - 21/07/2023, 22:30 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat kita melihat beberapa barang di museum atau pameran, kita tahu bahwa beberapa benda tersebut terdapat unsur seni.

Seni adalah sesuatu yang menghasilkan kesenangan, tetapi berbeda dengan sekadar rasa gembira karena mempunyai unsur transendental atau spiritual.

Baca juga: Pengertian Seni Tari Menurut Ahli

Cabang-cabang seni

Dilansir dari buku Seni Rupa untuk Anak Usia Dini (2022) oleh Farida Mayar, berdasarkan medium seni yang digunakan oleh para seniman kita, berbagai cabang seni antara lain:

  1. Seni rupa
  2. Seni teater/drama
  3. Seni musik
  4. Seni tari
  5. Seni sastra

Masing-masing cabang seni tersebut menikmati indera yang berbeda. Misalnya, menikmati seni rupa melalui indera dan sebagainya.

Berikut pengertian dan contoh dari masing-masing cabang seni:

Baca juga: 3 Fungsi Seni dalam Masyarakat Tradisional dan Modern

Seni rupa

Seni rupa adalah cabang seni yang diciptakan dengan menggunakan elemen atau unsur rupa dan dapat diapresiasikan melalui indera mata.

Unsur rupa adalah segala sesuatu yang berwujud nyata (konkret) sehingga dapat dilihat, dihayati melalui indera mata.

Karya seni rupa dilihat berdasarkan fungsi/tujuan penciptaannya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni rupa murni (fine art) adalah jenis karya seni rupa dalam proses penciptaannya yang lebih uatama mengungkapkan ide/gagasan, perasaan nilai-nilai estetis-artistik dan tidak dimaksudkan sebagai benda fungsional praktis.

Contoh seni rupa murni yakni lukisan, patung, dan lainnya.

Sedangkan seni rupa terapan (applied art) adalah jenis karya seni rupa yang dalamnya proses penciptaannya lebih mempertimbangkan nilai fungsi/kegunaan praktis dan segi keindahan bentuknya.

Contoh seni rupa terapan adalah benda kerajinan tangan, seni bangunan, dan lainnya.

Baca juga: Seni Drama: Pengertian, Unsur, Tokoh-tokoh, dan Contohnya

Seni teater

Dikutip dari buku Pembudayaan Literasi Seni di SD (2020) oleh Mansurdin, seni teater atau drama adalah aktivitas indivisu yang ditampilkan dalam sebuah karya, yang didorong oleh unsur gerak, suara, bunyi, dan rupa yang menceritakan kisah kehidupan manusia.

Contoh seni teater yakni Drama Gong yangmerupakan pencampuran dari unsur-unsur teater modern (Barat) dengan teater tradisional (Bali), dan Mamanda atau pementasan tradisional yang berasal dari Kalimantan Selatan.

Baca juga: 7 Hasil Kerajinan Seni Kriya di Sumatera Utara dan Jawa Barat

Seni musik

Seni musik adalah suatu ungkapan rasa seseorang yang penuh penjiwaan yang diwujudkan dalam bentuk nada atau bunyi yang menciptakan ritme dan haromni agar dapat menyentuh hati para penikmat musik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com