Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fungsi Seni dalam Masyarakat Tradisional dan Modern

Kompas.com - 02/07/2023, 11:00 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seni adalah sesuatu yang menghasilkan keindaan dan kesenangan dengan melalui ekspresi jiwa manusia yang dituangkan melalui media seni dalam bentuk karya seni.

Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya aktivitas berkesenian selalui dilakukan oleh manusia.

Dilansir dari buku Wayang Wong Milenial (2021) oleh Ni Made Ruastiti dan teman, seni terbagi menjadi dua fungsi, yaitu fungsi seni dalam masyarakat tradisional, dan fungsi seni dalam masyarakat modern.

Berikut 3 fungsi seni dalam masyarakat tradisional dan modern:

Baca juga: Jenis dan Fungsi Seni Musik

Fungsi seni dalam masyarakat tradisional

Fungsi seni dalam masyarakat tradisional, antara lain:

  • Permulaan atau Ritual, berfungsi untuk penujaan berlangsung pada masa ketika peradaban manusia masih sangat terbelakang. Sehingga kecenderungan seni ritual pada masa lalu lebih menekankan pada misi dari pada fisik atau bentuk.
  • Tuntunan, yang berfungsi untuk menyentuh pada misi yang secara verbal diungkapkan dalam menyampaikan pesan moral yang akan dicapai.
  • Tontonan maupun hiburan, berfungsi untuk hiburan tidak terikat pada misi tertentu yang mampu memberi kesenangan pada seseorang maupun kelompok orang yang berada di sekitar pertunjukkan.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Seni Rupa Murni

Fungsi seni dalam masyarakat modern

Sedangkan, fungsi seni dalam masyarakat modern, antara lain:

  • Ekspresi atau Aktualisasi Diri, yang tidak ada dapat mengganggu gugat seni ekpresi diri dalam penampilannya. Dengan kebebasan lebih menekankan pada pencapaian tujuan tertentu yang diperjuangkan.
  • Pendidikan Esensi, yang seni sebenarnya tidak dapat lepas dari muatan pendidikan yang merupakan dituangkan ke dalam berbagai cabang seni dalam sarana untuk mewujudkan tujuan dalam membentuk budi pekerti seseorang.
  • Industri, yang berfungsi untuk mendukung satu produk tertentu yang merupakan sesuatu dalam mampu memberi daya tarik produk yang ditawarkan.

Baca juga: 5 Fungsi Seni

Fungsi seni secara umum

Dilansir dari buku Wawasan Seni Tari (2005) oleh Robby Hidayat, disebutkan mengenai fungsi-fungsi seni secara umum.

Berikut rinciannya:

Fungsi individu 

Manfaat seni untuk kebutuhan perseorangan atau individu itu sendiri. Seni sebagai fungsi individu dibedakan menjadi dua, yakni:

  • Pemenuhan kebutuhan fisik, manusia memiliki hal untuk mempergunakan benda atau bahan untuk mendapat nilai estetis.
  • Pemenuhan kebutuhan emosional, manusia memiliki sisi emosional yang bervariasi, tergantung pada pengalaman hidupnya.

Baca juga: Mengenal Fungsi Seni Tari

Fungsi sosial seni

Seni dimanfaatkan untuk orang banyak dalam waktu relatif bersamaan. Beberapa fungsi sosial meliputi:

  • Fungsi religi atau keagamaan, seni memberikan peran khusus dalam menambah kesakralan upacara. Contohnya sebagai sarana ritual, keagamaan, upacara pernikahan, dan masih banyak lainnya.
  • Fungsi rekreasi hiburan, seni dijadikan sarana untuk menghilangkan kejenuhan, kesedihan, dan rasa bosan. MIslanya, seni pertunjukkan musik atau teater. 

Fungsi komunikasi

Suatu pertunjukan seni dapat digunakan sebagai komunikasi atau kritik sosial melalui media seni tertentu. Hal tersebut merupakan fungsi seni dalam hal fungsi media komunikasi.

Seni digunakan sebagai sarana komunikasi seperti pagelaran wayang kulit, poster, drama komedi, reklame, dan lain-lain.  

Baca juga: 3 Fungsi Seni Tari

Fungsi pendidikan

Dalam dunia pendidikan, seni memiliki peran penting. Mulai dari pengenalan lagu nasional maupun daerah, musik tradisional, film ilmiah, dokumenter, dan masih banyak lainnya.

Sebagai fungsi pendidikan, seni digunakan dalam gambar ilustrasi buku pelajaran, film dokumenter, film ilmiah, alat peraga, dan sebagainya.

Fungsi artistik

Sebagai fungsi artistik, seni yang dihasilkan hanya untuk dinikmati oleh seniman itu sendiri beserta komunitas. Bukan hal yang bersifat komersial atau diperjualbelikan.

Seperti, musik kontemporer, seni rupa kontemporer, dan lain-lain yang hanya dipertunjukkan untuk dinikmati para seniman dan komunitasnya. Tidak untuk khalayak umum atau banyak. 

Baca juga: Prinsip dan Fungsi Seni Rupa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com