Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katup Vena: Pengertian dan Fungsinya

Kompas.com - 21/07/2023, 17:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com Pembuluh balik atau vena membawa darah ke jantung. Darah yang mengalir dalam vena tidak dapat mengalir ke bagian sebelumnya karena sepanjang vena terdapat katup.

Apa yang dimaksud katup vena dan apakah fungsi katup vena? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian katup vena

Dilansir dari The Vein Specialist, katup vena adalah dua lipatan jaringan elastis yang data membuka dan menutup secara bergantian.

Katup vena bekerja sama dengan otot muskoskeletal yang secara terus-menerus berkontraksi dan berelaksasi agar darah terus mengalis.

Baca juga: Mengenal Pembuluh Darah Nadi (Arteri) dan Balik (Vena)

Katup vena berada dalam lapisan tunika intima pembuluh darah balik atau vena.

Dilansir dari Healthline, tunika intima adalah lapisan paling dalam vena yang merupakan satu lapisan sel endothelium dan beberapa jaringan ikat.

Fungsi katup vena

Katup vena berfungsi memastikan darahdalam vena hanya mengalir pada satu arah dan mencegah darah mengalir ke bagian sebelumnya.

Dilansir dari Medicine LibreTexts, ketika vena diperas oleh otot muskoskeletal, maka vena akan mendorong darah melalui katup yang kemudian menutup untuk mencegah aliran balik.

Cara kerja katup vena seperti pintu yang hanya dapat dibuka dari satu arah. Sehingga, darah tidak bisa berbalik arah.

Baca juga: Pengertian Pembuluh Darah dan Jenisnya

Katup vena sangat penting terutama pada pembuluh vena yang berada di kaki dan tangan. Karena, pada kedua bagian tersebut darah rawan berbalik arah karena adanya gaya gravitasi.

Aliran balik darah sangat berbahaya karena dapat membuat penggumpalan darah yang menyebabkan berbagai gangguan kesehatan juga mengancam nyawa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com