Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Air Kelapa Terbentuk?

Kompas.com - 10/07/2023, 14:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comAir kelapa adalah air yang terkandung di dalam buah kelapa. Dari mana kelapa menghasilkan air dan bagaimana air kelapa terbentuk? Berikut adalah penjelasannya!

Air kelapa adalah endosperma cair

Dilansir dari Collegedunia, airkelapa adalah endosperma yang terbentuk dari pembuahan ganda tumbuhan angiospermae.

Di mana pembuahan yang pertama terjadi saat gamet jantan bersatu dengan sel telur dan menghasilkan zigot yang bersifat diploid.

Baca juga: Pembuahan Ganda pada Angiospermae

Adapun, pembuahan kedua terjadi ketika gamet jantan lainnya bersatu dengan dua inti kutub haploid dan membentuk endosperma yang bersifat triploid.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, endosperma adalah jaringan yang mengelilingi dan memelihara embio dalam biji angiospermae atau tumbuhan berbunga.

Endosperma kemudian mengalami tiga jenis perkembangan, yaitu mode inti, seluler, dan helobial.

Menurut Jean W. H. Yong, dkk dalam The Chemical Composition and Biological Properties if Coconut (Cocos nucifera L.) Water (2009), inti endosperma primer kemudian mengalami beberapa siklus pembelahan tanpa sitokinesis (proses di mana sitoplasma sel eukariotik dibagi menjadi dua sel anak).

Hal tersebut membentuk endosperma cair yang kita kenal sebagai air kelapa.

Baca juga: Fungsi Endosperm bagi Pertumbuhan Tanaman

Dilansir dari Healthline, air kelapa adalah cairan yang terbentuk dari 94 persen air, rendah kalori, dan lemak, dan protein.

Namun, air kelapa mengandung nutrisi lain seperti karbohidrat, gula, magnesium, mangan, natrium, vitamin c, dan juga asam folat.

Adapun, endosperma cair kelapa seiring dengan berjalannya waktu dapat berubah menjadi agar-agar lalu mengeras.

Hal tersebut membentuk endosperma padat yang dikenal sebagai daging kelapa. Namun, tidak semua endosperma cair berubah menjadi daging kelapa.

Daging kelapa membentuk rongga yang di dalamnya menyisakan ruang bagi sebagian endosperma cair. Inilah mengala air kelapa berada di bagian tengah buah kelapa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com