Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuahan Ganda pada Angiospermae

Kompas.com - 16/03/2022, 15:41 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Tanaman angiospermae dapat bereproduksi sesuai melalui pembuahan ganda. Apakah yang dimaksud dengan pembuahan ganda pada tumbuhan angiospermae dan bagaimana prosesnya?

Untuk mengetahui jawabannya, dimaklah penjelasan tentang pembuahan ganda pada angiospermae di bawah ini!

Pengertian pembuahan ganda

Apa yang dimaksud dengan pembuahan ganda? Pembuahan ganda adalah pembuahan gametofit betina dengan dua gamet jantan pada tumbuhan angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup).

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, pembuahan ganda terdiri dari pembuahan sejati (peleburan sel telur dengan sel sperma) dan juga peleburan lain yang menyerupai pembuahan (peleburan sel sperma dengan inti kutub).

Baca juga: Gametogenesis pada Tumbuhan Biji Terbuka (Angiospermae)

Pembuahan ganda pada angiospermae selain menghasilkan zigot, juga menghasilkan endosperma yang merupakan cadangan makanan bagi tumbuhan.

Apakah gymnospermae mengalami pembuahan ganda? Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) tidak mengalami pembuahan ganda dan hanya mengalami pembuahan tuanggal (peleburan sel telur dan sel sperma.

Proses pembuahan ganda pada angispermae

Proses terjadinya penyerbukan ganda pada tumbuhan angiospermaebio.libretexts.org Proses terjadinya penyerbukan ganda pada tumbuhan angiospermae

Gametogenesis

Sebelum melakukan pembuahan, tumbuhan melalui proses gametogenesis atau pembentukan sel-sel gamet untuk reproduksi.

Organ betina akan menghasilkan makrospora berupa sel telur dan inti kutub. Sedangkan, organ jantan akan menghasilkan mikrospora berupa sel sperma dalam bentuk serbuk sari.

Baca juga: Proses Terjadinya Fertilisasi

Penyerbukan

Proses pembuahan ganda pada angiospermae dimulai dengan berkembangnya serbuk sari (mikrospora) yang jatuh pada tangkai putik. Mikrospora kemudian berkembang menjadi dua sel, yaitu sel tabung polen dan sel generatif.

Dilansir dari Lumen Learning, sel tabung polen kemudian akan berkembang menjadi tabung polan berupa jalur masuk ke ovarium yang akan dilewati oleh sel generatif.

Sel generatif yang melewati tabung polen kemudian akan berkecambah dan berubah menjadi dua sel sperma. Kedua sel seperma tersebut akan terus berjalan ke ovarium untuk menemui sel telur. Proses inilah yang disebut sebagai penyerbukan.

Pembuahan sejati

Salah satu sel sperma yang masuk ke ovarium, kemudian akan membuahi sel telur. Peleburan antara sel telur dan sel sperma adalah pembuahan sejati yang menghasilkan zigot diploid (2n).

Peleburan ini disebut sebagai peleburan sejati karena zigot yang dihasilkan adalah hasil reproduksi yang akan berkembang menjadi tumbuhan baru.

Baca juga: Perbedaan dan Persamaan Gymnospermae dan Angiospermae

Pembuahan kedua

Selain pembuahan sejati, terjadi juga pembuahan lain yang membuat pembuahan angiospermae menjadi ganda. Dilansir dari Biology Libretexts, sel sperma lain yang masuk ke ovariumm akan melebur bersama dengan dua inti kutub dan membentuk sel triploid.

Sel triploid tersebut kemudian akan berkembang menjadi endosperm. Endosperm adalah cadangan makanan yang menyediakan nutrisi bagi zigot untuk berkecambah membentuk tumbuhan muda.

Dengan adanya pembuahan ganda pada angiospermae maka jaringan yang berkromosom 3n adalah endosperm.

Hal tersebut karena endosperm adalah penggambungan satu sel sperma (1n) melebur dengan inti kutub (inti kandung lembaga sekunder) yang memiliki kromosom 2n. Sehingga, hasilnya adalah endosperma dengan kromosom triploid (3n).

Baca juga: Proses Meiosis I dan Meiosis II

Contoh tumbuhan pembuahan ganda

Tumbuhan yang mengalami pembuahan ganda adalah semua tumbuhan angiospermae. Contohnya adalah pohon apel, jeruk, ceri, gandum, beras, jagung, mawar, kentang, cabai, tanaman herba, biji-bijian, dan juga sayuran.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com