Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kedisiplinan Menurut Ahli

Kompas.com - 28/06/2023, 13:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Kedisiplinan umumnya berkaitan dengan suatu peraturan, organisasi, kerja sama, mematuhi prosedur, dan lain-lain. 

Secara etimologi, disiplin berasal dari bahasa Inggris desciple atau discipline yang artinya penganut atau pengikut. 

Dari sisi tirminologi banyak ahli pendidikan yang mendefinisikan atau mengartikan kata disiplin, di antaranya: 

  • Menurut E.B Hurlock

Disiplin berasal dari kata yang sama dengan disciple, yakni seseorang yang belajar dari atau secara sukarela mengikuti seorang pemimpin. 

Orangtua dan guru merupakan pemimpin, dan anak merupakan murid yang belajar dari mereka cara hidup yang berguna dan bahagia. Jadi, disiplin merupakan cara masyarakat mengajar anak perilaku moral yang disetujui oleh kelompok

  • Menurut Thomas Gordon 

Dikutip dari Buku Panduan Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral untuk mengatasi Kedisiplinan Masuk Sekolah (2022) oleh Joko Sulistiyono, Thomas Gordon menyebutkan disiplin adalah perilaku dan tatat tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan, atau perilaku yang diperoleh dari pelatihan yang dilakukan secara terus menerus. 

  • Menurut Arikunto 

Disiplin merupakan kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan atau tata tertib karena didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada kata hatinya tanpa adanya paksaan dari pihak luar. 

Baca juga: Contoh Sikap Disiplin di Sekolah

  • Menurut Abdurrahman

Kedisiplinan berarti adanya kesediaan untuk memahami peraturan-peraturan atau larangan yang telah ditetapkan.

  • Menurut Soegeng Prijodarminto 

Dikutip dari bukunya Disiplin Kiat Menuju Sukses (1993), disiplin didefinisikan sebagai suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan, atau ketertiban. 

Nilai-nilai tersebut telah menjadi bagian perilaku dalam kehidupannya. Perilaku itu tercipta melalui proses binaan melalui keluarga, pendidikan dan pengalaman. 

Sikap dan perilaku demikian ini tercipta melalui proses binaan melalui keluarga, pendidikan dan pengalaman atau pengenalan keteladanan dari lingkungannya. 

Disiplin akan membuat dirinya tahu dan membedakan hal-hal apa yang seharusnya dilakukan, yang wajib dilakukan, yang boleh dilakukan, yang tidak sepatutnya dilakukan (karena merupakan hal-hal yang dilarang). 

  • Menurut Anton M. Moeliono

Disiplin berkaitan dengan tata tertib, aturan atau norma dalam kehidupan bersama (yang melibatkan orang banyak). 

Disiplin adalah suatu sikap mental yang dengan kesadaran dan keinsyafan mematuhi terhadap perintah-perintah atau larangan yang ada terhadap sesuatu hal, karena mengerti betul-betul tentang pentingnya perintah dan larangan tersebut. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com