Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Nama dan Karakteristik Gunung Api Aktif yang Ada di Indonesia

Kompas.com - 23/06/2023, 21:30 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dilansir dari buku Pasti Bisa Geografi (2018) oleh Tim Ganesha Operation, wilayah Indonesia memiliki gunung berapi aktif dan gunung berapi tidak aktif.

Contoh gunung api aktif di Indonesia adalah Gunung Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah, Gunung Kelud di Jawa Tiur, Gunung Sinabung di Sumatera Utara, dan Gunung Egon di Flores, NTT.

Adapun contoh gunung api tidak aktif adalah Gunung Sumbing di Jawa Tengah, Gunung Argopuro di Jawa Timur, dan Gunung Ciremai di Jawa Barat.

Baca juga: 7 Bentuk, Karakteristik, dan Ciri Gunung Api beserta Contohnya

Berikut daftar gunung api yang masih aktif di Indonesia:

Ilustrasi Gunung Kerinci di Sumatera Barat.Dok. Wikimedia Commons/Muhamad Izzul Fiqih Ilustrasi Gunung Kerinci di Sumatera Barat.

Gunung Kerinci

Dilansir dari Buku Pintar Penanggulangan Erupsi Gunung Merapi (2021) oleh Indah Arohmawati, gunung berapi satu ini memiliki banyak nama lain, seperti Kurinci, Gendang, Kerinchi, dan Korinci. Gunung Kerinci mampumeraih urutan pertama sebagai gunung tertinggi di Sumatera, sekaligus Indonesia, di luar dari Puncak Jaya, Papua.

Berdasarkan peta wilayah, letak gunung Kerinci berada di perbatasan Jambi dan Sumatera Barat dan masih merupakan jajaran Bukit Barisan.

Gunung ini memiliki tipe stratovolcano dengan status aktif dan terakhir meletus pada tahun 2009.

Baca juga: 4 Jenis Material yang Dikeluarkan Gunung Api Saat Erupsi

Gunung Tambora di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Kamis (6/4/2023). Sumber: BTN Tambora. Gunung Tambora di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Kamis (6/4/2023). Sumber: BTN Tambora.

Gunung Tambora

Gunung Tambora merupakan gunung berapi kerucut aktif yang terletak di Pulau Sumbawa.

Letak dari gunung ini mencakup sekitar dua kabupaten yakni Dompu dan Bima. Ketinggian gunung Tambora mencapai 2.850 meter di atas permukaan laut.

Tambora sangat terkenal karena pernah meletus dengan dahsyat pada tahun 1815 dan klasifikasi letusan disebut paling besar bahkan terdahsyat sepanjang sejarah.

Selain itu, Tambora memiliki kaldera terbesar dan terluas di Indonesia dengan luas sekitar 37 km.

Gunung Merapi dilihat dari Bendungan Kendalsari atau Karangkendal, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Gunung Merapi diketahui memiliki dua kubah lava setelah ditemukan kemunculan kubah lava baru pada 2021.
KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Merapi dilihat dari Bendungan Kendalsari atau Karangkendal, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Gunung Merapi diketahui memiliki dua kubah lava setelah ditemukan kemunculan kubah lava baru pada 2021.

Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung yang terletak di Pulau Jawa dengan jenis gunung paling aktif di Indonesia.

Letaknya berada di perbatasan Yogyakarta dengan Jawa Tengah dan mencakup 4 wilayah kabupaten yakni Sleman, Magelang, Boyolali, dan Klaten.

Menurut tim yang memantau aktivitas gunung Merapi, gunung ini termasuk jenis gunung yang berbahaya karena mengalami letusan sudah sebanyak 68 kali sejak 1548.

Catatan terkini setelah mengalami erupsi pada 21 Juni 2020 lalu, tingkat isyarat atau status makna tindakan Merapi berketinggian 2.968 mdpl ini, tidak lagi berada pada Siaga melainkan sudah level II yakni Waspada.

Baca juga: Gunung Api: Pengertian dan Bentuknya

Panorama Kawah Gunung Kelud, Kamis (4/8/2022).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Panorama Kawah Gunung Kelud, Kamis (4/8/2022).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com