Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Gejala Kerusakan pada Hardisk

Kompas.com - 22/06/2023, 22:45 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dilansir dari buku Pengenalan Teknologi Komputer (2022) oleh Seliwati, hardisk adalah perangkat komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder.

Adapun peranan hardisk ini sangat penting mengingat kebutuhan software dan data memerlukan penyimpanan yang sangat besar yang tidak dapat ditampung oleh media penyimpanan utama berupa Read Only Memory (ROM) maupun Random Access Memory (RAM).

Baca juga: Macam-macam Hardware Untuk Mengakses Internet

Penyebab hardisk rusak

Dilansir dari buku Panduan Menjadi Teknisi Komputer (2008) oleh Ahmad Yani, ada beberapa penyebab yang membuat hardisk jadi rusak jika pengguna tidak mengetahui cara merawatnya.

Berikut penyebab kerusakan pada hardisk:

  • Suhu hardisk terlalu panas

Faktor suhu sangat berpengaruh pada kelangsungan fungsi hardisk. Jika panasnya terlalu tinggi, pembacaan data pada hardisk akan kacau.

Dalam jangka waktu lama, usia hardisk akan menjadi pendek. Oleh karena itu, sirkulasi udara di dalam CPU harus selalu dijaga. Jangan menutup lubang udara yang terletak pada casing CPU.

  • Guncangan

Guncangan keras pada CPU akan menyebabkan kerusakan hardisk secara fisik. Pada saat bekerja, head harddisk mengambang di atas permukaan piringan.

Guncang atau benturan akan menyebabkan head hardisk menyentuh bagian-bagian magnetik disk.

Padahal, disk tersebut berputar sangat cepat. Akibatnya, jalur pada daerah rawan, seperti FAT atau direktori akan rusak.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Hardware, Software, dan Brainware

  • Kerusakan komponen

Kekuatan komponen-komponen pada hardisk sangat tergantung pada kualitas pabrikan dan cara penggunaannya.

Pemakaian yang terus-menerus akan menyebabkan panas yang berlebihan sehingga komponen-komponen hardisk akan cepat rusak.

Penggunaan yang serampangan juga akan memperpendek umur komponen ini. Misalnya, pada saat memakai hardisk kita tidak melakukan prosedur parkir sebelum mematikan komputer, sehingga posisi head dapat berada di sembarang posisi.

Jika head berhentik dan menyentuh permukaan disk tempat data atau sistem disimpan, bisa dipastikan lapisan magnet penyimpan data tersebut akan rusak.

Baca juga: Apa itu Hardware?

Gejala kerusakan pada hardisk

Ada beberapa gejala kerusakan pada hardisk yang dapat Anda ketahui. Berikut rinciannya:

  • Kesulitan membaca data

Kerusakan ini ditandai dengan pembacaan data oleh head pada daerah tertentu yang berulang-ulang (retry). Pembacaan data ini tidak akan berhenti sebelum berhasil.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com