Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hasil Pertanian Indonesia

Kompas.com - 07/06/2023, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pertanian menjadi salah satu sektor ekonomi terpenting di Indonesia. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia bekerja sebagai petani.

Hasil pertanian itu ada yang dikonsumsi di dalam negeri, dan ada pula yang diekspor ke berbagai negara tetangga.

Tahukah kamu apa saja hasil pertanian Indonesia?

Pertanian Indonesia

Seorang petani memegang buah kelapa sawit selama protes di dekat istana presiden di Jakarta, 17 Mei 2022. AP via VOA INDONESIA Seorang petani memegang buah kelapa sawit selama protes di dekat istana presiden di Jakarta, 17 Mei 2022.

Dilansir dari situs Pertanian.go.id, pada 2022, ekspor pertanian Indonesia tumbuh sebesar 10,52 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pada Januari hingga Desember 2022, nilai ekspor pertanian mencapai US $ 4,89 Miliar. Sedangkan di 2021, nilainya sebesar US $ 4,24 Miliar.

Baca juga: Hasil Pertanian Utama Malaysia

Sebutkan hasil pertanian indonesia

Dikutip dari situs Investment Indonesia Institution, berikut beberapa hasil pertanian Indonesia:

  • Padi
  • Kedelai
  • Jagung
  • Kacang tanah
  • Ketela pohon
  • Ubi jalar.

Hasil pertanian Indonesia lainnya juga datang dari tanaman perdagangan, seperti teh, kopi, kelapa, kina, cengkeh, tebu, karet, dan sebagainya.

Dalam situs Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, disebutkan bahwa salah satu contoh hasil pertanian Indonesia adalah padi atau beras.

Pada zaman dahulu, beras bisa dikatakan sebagai komoditas ekspor utama Indonesia. Namun, kini, posisinya digantikan oleh kelapa sawit.

Bahkan Indonesia dikenal sebagai produsen kelapa sawit terbesar di dunia. Komoditas ini berkontribusi besar terhadap ekspor sektor non-migas Indonesia.

Dengan demikian, hasil utama pertanian Indonesia adalah kelapa sawit. Posisi kedua dipegang oleh karet alam.

Baca juga: Hasil Pertanian Penduduk Negara Myanmar

Komoditas ini sangat penting dan bermanfaat dalam industri otomotif juga manufaktur. Indonesia menjadi produsen karet alam terbesar kedua di dunia setelah Thailand.

Selain beberapa komoditas tersebut, hasil pertanian Indonesia lainnya adalah kakao, rumput laut dan ganggang, porang, serta tanaman hias.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com