Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Rawa bagi Kehidupan

Kompas.com - 20/05/2023, 17:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comRawa adalah jenis ekosistem yang berperan penting dalam kehidupan di bumi. Tahukah kamu, apa manfaat dari rawa? Untuk mengetahuinya, simaklah penjelasan berikut!

Rawa adalah daerah dengan tanah yang basah karena terisi oleh air. Manfaat rawa bagi kehidupan adalah:

  • Mencegah banjir dan memelihara aliran air
  • Mengisi air tanah
  • Melindungi pesisir dari gelombang badai
  • Memurnikan air
  • Menyediakan habitat bagi makhluk hidup
  • Menyediakan tempat rekreasi

Baca juga: Klasifikasi Rawa Berdasarkan Jenis Air, Lokasi, dan Vegetasinya

Mencegah banjir dan memelihara aliran air

Manfaat rawa adalah mencegah banjir dan memelihara aliran air. Rawa berperan seperti spons yang menyerap air dalam jumlah besar ketika hujan deras atau adanya limpasan air yang besar.

Hal tersebut dapat mencegah banjir dan kerusakan yang diakibatkan aliran air yang deras. Kelebihan air dalam jumlah besar tersebut disimpan di rawa dan dilepaskan secara perlahan.

Dilansir dari National Park Service, pelepasan lambat dari air yang disimpan ini dari waktu ke waktu dapat membantu air tetap mengalir bahkan selama periode kekeringan sekalipun.

Baca juga: Penyebab Banjir akibat Perilaku Masyarakat

Mengisi air tanah

Manfaat rawa selanjutnya adalah mengisi air tanah.

Air yang masuk ke rawa-rawa akan turut mengisi batuan akuifer dan menjadi air tanah yang kemudian dapat diambil manusia untuk berbagai keperluan dari mulai minum, memasak, dan sanitasi.

Melindungi pesisir dari gelombang badai

Dilansir dari National Geographic, rawa berfungsi melindungi daerah pesisir dari gelombang badao yang dapat menghanyutkan garis pantai yang rapuh.

Rawa menyerap gelombang badai dan meredam badai dan meminimalkan kerusakan pada daerah pesisir.

Sehingga, gelombang badai tidak menyebabkan terlalu banyak abrasi, intrusi air laut, dan juga kerusakan pada ekosistem pesisir.

Baca juga: Mengapa di Indonesia Tidak Terjadi Badai?

Memurnikan air

Manfaat rawa adalah memurnikan air.

Dilansir dari Geoscience LibreTexts, rawa memiliki biofilter, hidrofit, dan organisme yang memiliki kemampuan menghilangkan zat beracun yang berasal dari pestisida, pembuangan industri, dan aktivitas pertambangan.

Artinya, rawa dapat memurnikan air yang mengandung zat beracun seperti logam berat. Sehingga, air tersebut menjadi lebih aman digunakan oleh makhluk hidup.

Menyediakan habitat bagi makhluk hidup

Rawa adalah ekosistem penting yang menyediakan habitat bagi berbagai makhluk hidup.

Rawa memberikan rumah, tempat berkembang biak, tempat berlindung, juga tempat istirahat ketika migrasi bagi berbagai jenis makhluk hidup.

Baca juga: Apakah yang Dimaksud dengan Habitat?

Rawa menjadi habitat bagi berbagai jenis tumbuhan, alga, ikan, krustasea, katak, kadal, buaya, biawak, kura-kura, ular, serangga, platipus, beberapa mamalia besar, bahkan spesies yang terancam punah.  

Menyediakan tempat rekreasi

Rawa dengan keanekaragaman hayatinya menyediakan tempat rekreasi.

Di mana kita dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan, piknik, mengamati berbagai satwa dan tumbuhan, menaiki perahu, dan juga memancing.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com