Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Kegiatan Teleconference

Kompas.com - 12/05/2023, 06:45 WIB
Anggita Sukmawati,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Teleconference bertujuan melakukan komunikasi jarak jauh dengan orang lain.

Dengan adanya teleconference, kita dapat menyampaikan berbagai informasi dan berbicara mengenai hal penting melalui video atau audio.

Dengan demikian, waktu dan biaya untuk bertemu langsung dapat dihemat. Ada beberapa jenis kegiatan teleconference, yaitu:

Audio conference merupakan kegiatan pertukaran informasi yang dilakukan melalui suara dengan media panggilan telepon yang menghubungkan tiga atau lebih saluran telepon dalam waktu yang bersamaan.

Audio conference memiliki kelemahan, yaitu dapat menghilangkan koneksi personal dalam bisnis ketika hanya suara koneksi koleganya yang bisa terdengar.

Akan tetapi, kelebihannya adalah biaya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan penggunaan web conference dan video conference.

Baca juga: Mengapa Media Online Bersifat Interaktif?

Web conference merupakan fasilitas teleconference interaktif yang menggunakan fitur data stream.

Yang memungkinkan peserta rapat berkomunikasi dengan peserta lainnya secara simultan dengan menggunakan teks, suara, video, bahkan berbagai file.

Kegiatan web conference membutuhkan aplikasi khusus dari provider web conference yang dapat diakses dengan cara berlanggan internet sehingga membutuhkan biaya yang relative tinggi.

Keuntungan dari metode lain, antara lain materi presentasi dapat dibagikan keseluruh peserta rapat, presenter dapat memberikan penjelasan detail mengenal suatu dokumen,

Dan peserta dari web lain dapat secara serempak melihat dokumen presentasi tersebut.

Baca juga: Mengenal Fitur Aplikasi Accurate Online

Video conference adalah layanan teknologi komunikasi yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua orang atau lebih.

Yang berada dilokasi berbeda serta menggunakan jaringan komputer dengan komunikasi audio dan video.

Dalam video conference, peserta rapat dapat melihat tiap peserta dengan menggunakan fasilitas layar monitor dan mendengar satu sama lain melalui pengeras suara.

Namun, metode ini juga memiliki kelemahan, yaitu biaya yang digunakan relative cukup mahal karena membutuhkan peralatan khusus dan berkualitas tinggi untuk mendapatkan live streaming yang lancar.

 

Referensi:

  • Lubis, Gelora Mulia, Nurhaida. 2023. Terampil Tugas Kesekretariatan. Surabaya: Harfa Creative.
  • Suwanto, Edi. 2022. Hukum Pernikahan Melalui Media Elektronik. Jawa Barat: CV Adanu Abimata.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com