Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fungsi, Ancaman dan Gangguan pada Tulang Jari Kaki

Kompas.com - 14/04/2023, 21:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Setiap kaki manusia normal mempunyai 14 tulang falang, sedangkan tiap-tiap jari kaki mempunyai tiga tulang falang yakni proximal, middle, dan distal.

Kecuali pada jari jempol atau hallux, yang hanya mempunyai dua falang yakni proximal dan distal.

Tiap-tiap jari kaki terhubung dengan bagian kaki yang lainnya melalui sendi metatarsophalangeal yang berada di tulang metatarsal.

Fungsi tulang jari kaki

Fungsi tulang jari kaki mungkin tak akan begitu terasa. Meskipun begitu, apabila ingin mencoba merasakannya, kita dapat mencoba berdiri dengan satu kaki, ataupun menggunakannya untuk berlari maupun berjalan.

Berikut ini tiga fungsi dari tulang jari kaki, yaitu:

  • Sebagai penumpu berat badan

Fungsi tulang jari kaki yang pertama ialah untuk menumpu berat badan. Dalam hal ini, tiap-tiap jari di kaki mempunyai peranan yang sama, kecuali ibu jari kaki yang menopang hingga sekitar 75 persen dari berat tubuh.  

Maka dari itu, jangan heran jika sedang kesulitan bergerak ataupun berjalan ketika terdapat gangguan maupun cedera pada ibu jari kaki, mengingat peranannya yang sangat krusial dalam hal ini.

Baca juga: Struktur Tulang dan Sendi Pergelangan Tangan

  • Sebagai penyeimbang ketika berjalan

Selain memiliki fungsi sebagai penumpu berat badan, fungsi tulang jari kaki yang lainnya ialah untuk menjaga keseimbangan saat bergerak, terutama ketika berlari dan berjalan.

Sebagaimana fungsi sebelumnya, poin ini juga memiliki hubungan yang erat dengan ibu jari kaki yang mana mengenai hal ini memiliki peran sebagai tumpuan saat kaki melangkah.

Ketika jari kaki menekuk untuk mempersiapkan mengambil langkah berikutnya, bagian kaki yang lainnya akan menegang.

Hal ini disebut sebagai fenomena mesin kerek, yaitu sebuah mekanisme yang akan memudahkan proses pergerakan kaki.

Jika terganggu, maka akan merasa kesulitan dalam menyeimbangkan tubuh saat sedang berjalan, karena akan merasa nyeri ataupun merasa tak nyaman saat melangkah.

  • Sebagai pemberi fleksibilitas

Fungsi dari tulang jari kaki yang terakhir adalah untuk memberikan fleksibilitas. Sebagaimana yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, tulang jari kaki mempunyai banyak ruas yang dalam hal ini bisa memberikan fleksibilitas yang diperlukan saat berjalan.

Sifatnya yang fleksibel ini akan memberikan kemudahan untuk beradaptasi dengan kondisi permukaan tanah yang tak rata. Dengan begitu, maka cedera akan dapat dihindari dengan lebih mudah.

Baca juga: Penyakit Yang Menyerang Tulang Telapak Tangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com