Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta tentang Kantong Kanguru

Kompas.com - 23/02/2023, 17:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comKanguru dikenal sebagai hewan berkantong yang memasukkan anaknya ke dalam kantong di perutnya. Apakah kanguru jantan memiliki kantong? Untuk mengetahuinya, berikut fakta-fakta tentang kantong kanguru.

Hanya kanguru betina yang memiliki kantong

Hanya kanguru betina yang memiliki kantong, artinya kanguru jantan tidak memiliki kantong di perutnya.

Hal tersebut karena kanguru jantan tidak dapat menghasilkan kelenjar susu dan tidak dapat menyusui bayi kanguru.

Baca juga: Mengenal Kanguru, Si Hewan Berkantung

Kanguru tidak terlahir dengan kantong

Fakta tentang kantong kanguru selanjutnya adalah kanguru tidak terlahir dengan kantong, membuat betina dan jantan sulit untuk dibedakan.

Dilansir dari Nashville Zoo at Grassmere, kantong kanguru betina baru berkembang pada usia 27 hari dan terus berkembang hingga betina pada usia matang.

Fungsi kantong kanguru

Kantong kanguru berfungsi sebagai tempat perkembangbiakan anaknya. Di dalam kantung kanguru terdapat empat puting susu yang memberikan nutrisi bagi anaknya.

Dilansir dari Discover Wildlife, anak kanguru yang baru lahir tidak lebih dari sekadar mulut dan sepasang kaki depan berotot yang melekat pada tubuh seukuran kacang.

Baca juga: Tidak Hanya Australia, Indonesia Juga Punya Kanguru

Anak kanguru masuk ke dalam kantong induknya, menyusu sekitar empat sampai lima bulan hingga tubuhnya sempurna dan dapat menjelajah.

Induk kanguru membersihkan kantungnya

Kanguru dapat diam di dalam kantong induknya selama delapan bulan. Dalam periode waktu tersebut, kanguru buang air kecil dan besar juga membawa kotoran dari luar ke dalam kantong.

Sehingga, induknya harus membersihkan kantongnya. Dilansir dari Live Science, induk kanguru membersihkan kantong dengan cara menjulurkan kepalanya kedalam kantong dan menggunakan lidahnya untuk mengikis kotoran.

Baca juga: Bagaimana Kanguru Membersihkan Kantongnya?

Memiliki kapasitas besar

Kantong kanguru memiliki kapasitas besar. Di mana kantong betina dapat menampung anak kanguru yang berusia 10 bulan dengan berat sekitar 6 kilogram.

Kapasitas yang besar membuat satu induk kanguru dapat membawa dua anak kanguru dalam kantongnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com