Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Teka-Teki Matematis Lumayan Mudah

Kompas.com - 13/02/2023, 11:57 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

TEORI relativitas berlaku bagi teka-teki matematis di dalam naskah ini. Bagi seorang dungu matematika seperti saya, jelas bahwa teka-teki matematika di dalam naskah ini lumayan sulit namun bagi seorang jenius matematika jelas bahwa teka-teki yang bagi saya lumayan sulit ini terasa lumayan mudah.

Teka-teki pertama adalah pada sebuah toko saya membeli dua cangkir dan tiga piring yang oleh sang kasir alih-alih ditambahkan justru dikalikan harganya sehingga total Rp 405.000. Sadar bahwa dirinya keliru, sang kasir menambahkan harga dua cangkir dan tiga piring tersebut sehingga ternyata total juga sama dengan Rp 405.000.

Berapa harga cangkir dan piring yang keduanya tidak ada yang harganya lebih dari Rp 100.000.

Baca juga: Cara Menyelesaikan Soal Tipe Jarak dan Waktu pada Matematika

(Sedikit bocoran jawaban: ada dua jawaban yang sama benar untuk teka-teki ini. Terserah Anda mau pilih yang mana atau sama sekali tidak memilih dari dua jawaban tersebut.)

Teka-teki kedua lumayan mudah sebab hanya tentang kalender. Sebuah bulan berakhir pada hari Jumat serta berawal juga pada hari Jumat. Bulan apakah itu?

Teka-teki ke tiga masih terkait dengan kalender. Tanggal pada hari Senin bulan lalu ditambah dengan tanggal hari Kamis pertama bulan depan ternyata hasilnya adalah 38. Berarti bulan apakah itu apabila para tanggal itu berada pada tahun yang sama.

Teka-teki ke empat terkait dengan uang kertas. Apa perbedaan antara selembar uang kertas yang sudah kumal dengan nominal Rp 100.000 dengan selembar uang kertas yang masih baru dengan nominal Rp 50.000?

Teka-teki ke lima paling mudah sebab terkait dengan warisan Cakil kepada tiga anaknya yaitu Cakal, Cakul, dan Cakol. Tiga anak Cakil kebingungan sebab ayah mereka mewariskan 17 ekor sapi yang harus dibagi secara adil tanpa menyembelih ketujuh-belas sapi tersebut secara ½ kepada Cakal, 1/3 kepada Cakul, dan 1/9 kepada Cakol.

Anda bisa bantu membereskan masalah warisan 17 ekor sapi kepada tiga anak Cakil tersebut tanpa memotong 17 sapi yang diwariskan Cakil tersebut? Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

Teka-teki ke lima memang saya tahu jawabannya namun saya tidak pernah mampu berhenti kagum terhadap orang yang sedemikian kreatif dan cerdas sehingga mampu membuat teka-teki terkait perangai angka prima tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com