Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahapan Terbentuknya Senyawa Organik Menurut Teori Evolusi Kimia

Kompas.com - 07/02/2023, 17:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Asal usul kehidupan di bumi adalah hal yang selalu menarik untuk ditelusuru. Salah satu teori asal usul kehidupan adalah teori evolusi kimia. Bagaimana urutan tahapan terbentuknya senyawa organik menurut teori evolusi kimia?

Dilansir dari Cosmic Evolution, teori evolusi kimia menyatakan bahwa kehidupan muncul secara alami dari benda mati tidak secara tiba-tiba, melainkan secara bertahap dari pembangunan struktur organik kompleks dari molekuk organik yang lebih sederhana.

Urutan tahapan terbentuknya senyawa organik menurut teori evolusi kimia adalah:

Baca juga: Teori Asal-usul Kehidupan Menurut Harold Urey

Terbentuknya zat organik sederhana

Teori evolusi kimia memperkirakan atmosfer purba bumi sangat beda dengan atmosfer sekarang dan berada dalam keadaan tereduksi (tidak memiliki oksigen).

Dilansir dari Biology Discussion, zat anorganik seperi hidrogen, uap air, metana, hidrogen sulfida, karbon dioksida, amonia, dan nitrogen bereaksi dengan petir dan radiasi ultraviolet membentuk zat organik yang terakumulasi dan dikenal sebagai sup primordial.

Dalam sup primordial terdapat berbagai zat organik sederhana seperti asam amino, nukleotida, monosakarida, asam lemak, dan gliserol.

Baca juga: Contoh Senyawa Organik dan Anorganik

Terbentuknya molekul organik

Dilansir dari Khan Academy, zat organik sederhana kemudian membentuk molekul (polimer) organik yang lebih besar dan lebih kompleks.

Contohnya adalah RNA, DNA, protein dan asam nukleat. Diperkiraian, molekul organik ini terbentuk sekitar empat miliar tahun yang lalu.

Adapun, beberapa ilmuan berpendapat bahwa molekul organik pertama yang terbuat adalah RNA. RNA kemudian berevolusi untuk membentuk DNA dan juga protein.

Baca juga: RNA: Pengertian, Struktur, dan Fungsi

Terbentuknya sel pertama

Sel pertamabio.libretexts.org Sel pertama

Dilansir dari Biology LibreTexts, membran lipid kemudian tumbuh di sekitar molekul organik dan mencegahnya bereaksi dengan molekul lain agar tidak membentuk senyawa baru.

Molekul organik yang dikelilingi membran lipid inilah yang disebut sebagai sel pertama dalam teori evolusi kimia.

Diperkirakan, sel pertama terbentuk sekitar tiga koma lima miliar tahun yang lalu dan merupakan sel prokariotik tanpa nukleus dan organel terikat membran.

Sel pertama itulah yang menjadi organisme hidup pertama di bumi karena dapat meneruskan informasi genetik pada keturunannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com