Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Materi?

Kompas.com - 08/12/2022, 10:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Dalam ilmu pengetahuan alam seperti fisika dan kimia, kita kerap mendengar tentang materi. Namun, tahukah kamu apa itu materi? Untuk memahaminya, berikut adalah pengertian, ciri-ciri, wujud, dan juga jenis-jenis utama dari materi!

Pengertian materi

Dilansir dari Encylopedia Britannica, materi adalah substansi material yang dapat diamati dan membentuk dasar dari semua fenomena di alam semesta.

Artinya, materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang di alam semesta. Materi juga kerap disebut sebagai zat.

Materi dapat diamati dengan berbagai cara, baik yang dapat diamati oleh indra manusia maupun yang terlalu kecil untuk diamati oleh indra manusia.

Baca juga: 3 Partikel Penyusun Materi: Atom, Molekul, dan Ion

Ciri-ciri materi

Dilansir dari Science Learning Hub, materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Sehingga, ciri-ciri dari materi adalah memiliki volume dan massa.

Volume adalah ruang yang ditempati oleh materi dalam batas tiga dimensi. Adapun, massa adalah ukuran jumlah materi.

Wujud materi

Seperti apa saja wujud zat atau materi? Dilansir dari Chemistry LibreTexts, wujud materi dapat berubah sesuai dengan keadaan dan memiliki perilaku yang juga berbeda.

Wujud materi dapat berupa padat, cair, dan juga gas. Contoh perubahan wujud materi dapat kita lihat pada air.

Baca juga: Wujud Zat (Materi) beserta Perubahannya

Air dapat berwujud padat ketika menjadi es, dapat berwujud cair ketika menjadi air, dan dapat berwujud gas ketika menjadi uap.

Jenis-jenis materi

Secara garis besar, materi terbagi menjadi dua jenis yaitu zat dan campuran. Zat adalah materi yang terbentuk dari satu unsur atau satu molekul saja.

Sedangkan, campuran adalah materi yang terbentuk dari dua zat atau lebih. Adapun, zat tunggal dibedakan lagi menjadi dua yaitu unsur dan senyawa.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com