Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zat Tunggal: Pengertian dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 11/11/2022, 08:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Dalam ilmu kimia ada istilah zat tunggal. Apa yang dimaksud dengan zat tunggal dan apa saja contoh zat tunggal dalam kehidupan sehari-hari? Berikut adalah pembahasannya!

Pengertian zat tunggal

Zat tunggal atau zat murni adalah zat yang hanya mengandung satu jenis materi. Dilansir dari Chemistry LibreTexts, zat tunggal dapat berupa unsur tunggal ataupun senyawa tunggal.

Unsur tunggal terdiri dari satu atom. Sedangkan, senyawa tunggal terdiri dari beberapa atom yang sama dan dapat mempertahankan sifat kimia juga komposisinya.

Karena hanya terdiri dati satu jenis atom atau molekul, zat tunggal dapat dikatakan sebagai suatu zat yang bersifat homogen.

Baca juga: Zat Tunggal: Unsur dan Senyawa

Contoh zat tunggal

Contoh zat tunggal dalam kehidupan sehari-hari adalah air, oksigen, ozon, gula, garam dapur, dan emas murni.

Air

Dilansir dari University of Hawaii at Manoa, air (H2O) adalah zat tunggal yang terbuat dari hidrogen dan oksigen.

Meskipun terbuat dari dua atom, air terdiri dari satu jenis molekul saja yaitu molekul air. Sehingga, air termasuk ke dalam zat tunggal atau zat murni.

Oksigen

Contoh zat tunggal dalam kehidupan sehari-hari adalah oksigen (O2). Oksigen adalah zat tunggal berbentuk senyawa yang kerap dianggap sebagai unsur karena hanya terdiri dari dua atom oksigen.

Baca juga: Contoh Zat Tunggal yang Bersifat Senyawa

Ozon

Contoh zat tunggal selanjutnya adalah ozon (O3). Ozon adalah lapisan yang melindungi bumi dari bahaya sinar ultraviolet matahari.

Dilansir dari Science Learning Hub, sinar ultraviolet memecah molekul oksigen (O2) menjadi oksigen tunggal yang kemudian menempel pada molekul O2 lain dan membentuk ozon (O3).

Gula

Gula adalah contoh zat tunggal dalam kehidupan sehari-hari. Gula terbentuk dari tiga jenis atom yaitu karbon, hidrogen, dan oksigen.

Meskipun terdiri dari tiga jenis karbon, gula bukanlah senyawa. Hal tersebut karena gula memiliki komposisi yang tetap dan komponen yang tidak dapat dipisahkan secara fisik.

Baca juga: Perbedaan Zat Tunggal dan Campuran

Garam dapur

Contoh zat tunggal adalah garam dapur (NaCl) yang terdiri dari atom natrium dan klorin. Garam dianggap sebagai zat tunggal karena memiliki komposisi atom yang seragam dan tetap.

Emas

Contoh zat tunggal selanjutnya adalah emas murni atau emas 24 karat. Emas murni terbuat dari unsur emas tanpa adanya pengotor apa pun.

Namun, emas tidak murni tidak termasuk zat tunggal karena tercampur dengan perak, timah, maupun logam lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com