Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Contoh Hewan Ovovivipar

Kompas.com - 03/11/2022, 16:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Pada hewan ovovivipar setelah pembuahan, embrio yang dihasilkan tumbuh dan berkembang di dalam telur.

Sepintas, kedengarannya seperti ovipar. Namun, pada ovovivipar, telur tidak dikeluarkan dari tubuh ibu, tetapi tetap berada di tubuh ibu sampai menetas.

Setelah menetas, anak-anak akan lahir. Sehingga, hewan ovovivipar disebut juga sebagai hewan yang bertelur dan melahirkan. 

Jumlah hewan yang berkembang biak secara ovovivipar tidak sebanyak hewan yang berkembang biak secara ovipar dan vivipar. 

Contoh hewan ovovivipar adalah hiu, ikan pari, kuda laut, ikan guppy, platipus, kadal, salamander, dan bunglon. 

Baca juga: Fertilisasi Internal: Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar

Berikut penjelasan contoh-contoh hewan ovovivipar, yaitu: 

Hiu

Contoh pertama dari hewan ovovivipar adalah hiu. Makhluk laut yang terkenal ini telah ditemukan berkembang biak dengan melahirkan sekaligus bertelur. Hiu dapat menyimpan telur di dalam tubuhnya.

Telur kemudian menetas dan hiu bertelur ketika embrio cukup berkembang di luar tubuh ibu. Embrio hiu diketahui bebas dari arias. Oleh karena itu, perlu dilakukan penimbunan pakan dari telur untuk menjaga pertumbuhannya.

Ikan pari

Ikan pari juga termasuk dalam kelompok hewan ovovivipar yang habitatnya di laut. Embrio ikan pari tumbuh dan berkembang dalam telur dengan bantuan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Ketika embrio dianggap cukup optimal, maka induk akan melahirkan.

Baca juga: Apakah Kuda Laut Mamalia?

Kuda laut

Kuda laut adalah contoh dari hewan ovovivipar yang lain. Hewan ini memiliki sistem reproduksi yang cukup unik. Pejantan akan melakukan tugas mengandung, bukan kuda laut betina yang bertugas demikian.

Hal ini karena kuda laut jantan memiliki kantong yang memiliki kemampuan untuk menyimpan dan menetaskan telur. Ini akan memungkinkan kuda laut untuk tumbuh lebih baik.

Guppy

Guppy biasanya dilihat sebagai ikan hias. Ikan ini berukuran kecil dan memiliki tampilan yang cantik dan menarik. Tetapi siapa yang mengira guppy akan berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan?

Ikan ini diketahui membutuhkan waktu 20 hingga 30 hari untuk hamil dan melahirkan anak. Ikan hias ini bisa menghasilkan 2 sampai 100 ekor ikan setiap saat. Anehnya, begitu ikan guppy lahir, Anda bisa berenang, mencari makan, dan menghindari musuh.

Baca juga: Fertilisasi Internal: Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar

Platipus

Platipus adalah hewan semi-akuatik yang biasa ditemukan di benua Australia. Hewan ini biasanya berkembang biak dengan cara bertelur seperti kawanan burung.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com