Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Berita Menurut Ahli, Jenis, dan Fungsi Faktanya

Kompas.com - 20/10/2022, 16:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.comBerita adalah suatu informasi baru ataupun informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi yang disajikan dalam bentuk cetak, siaran, internet, serta dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berita adalah cerita atau karangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat atau kabar atau laporan.

Pengertian berita menurut ahli

Terdapat beberapa pengertian berita menurut ahli, di antaranya:

  • Paul de Maeseneer

Menurut Paul de Maeseneer, berita menjadi sebuah informasi yang penting serta menarik perhatian serta menarik minat khalayak pendengar.

  • Charnley dan James M.Neal

Charnley dan James M.Neal mengatakan bahwa berita menjadi salah satu laporan mengenai suatu peristiwa, opini, kecenderungan, situasi, kondisi interpretasi sendiri sungguh menarik, masih baru serta harus disampaikan secepatnya kepada khalayak.

  • Assegaf 

Dalam buku Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature (2005) oleh Sumadiria, Assegaf mengatakan, berita sebagai suatu laporan mengenai fakta atau ide yang bermassa, yang dapat menarik perhatian pembaca, karena sesuatu yang luar biasa penting, terutama mencakup sisi human interest, seperti humor, emosi serta ketegangan.

  • Mitchell V. Charnley

Sementara Mitchell V. Charnley dalam bukunya Reporting edisi III menyebutkan bahwa berita sebagai suatu laporan yang tepat waktu mengenai fakta serta opini yang memiliki daya tarik atau hal penting di antara kedua-duanya bagi masyarakat luas.

Jenis-jenis berita

Berita terdiri dari lima jenis teks yang biasa ditemui di setiap media, sebagai berikut:

  • Straight News (berita langsung)

Straight News adalah jenis berita ditulis secara singkat, lugas dan langsung. Sebagian besar halaman depan surat kabar ataupun yang menjadi berita utama (headline) biasanya ialah berita jenis ini.

  • Depth News (berita mendalam)

Depth News adalah suatu jenis berita yang dikembangkan dengan pendalaman mengenai hal-hal yang terdapat di bawah suatu permukaan (atau dikupas secara mendalam).

  • Investigation News (berita investigasi)

Investigation News adalah suatu jenis berita yang dikembangkan berdasarkan penyelidikan serta penelitian dari berbagai sumber yang dapat menjadi sumber berita.

  • Interpretative News (berita interpretatif)

Interpretative News adalah jenis berita yang dikembangkan melalui pendapat atau penilaian dari wartawan yang melaporkan, tetapi tetap berdasarkan fakta yang ditemukan.

  • Opinion News (berita opini)

Opinion News adalah bentuk jenis berita mengenai pendapat seseorang, biasanya pendapat para ahli, cendekiawan, pejabat, tetapi bisa juga mengenai suatu hal, peristiwa, kondisi keilmuan, dan lain sebagainya.

Fungsi fakta dalam berita

Fakta dalam berita memiliki peran dan fungsi yang sangat penting. Tanpa adanya fakta, sebuah infomrasi dalam berita menjadi tidak valid. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com