Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keadaan Alam Benua Australia

Kompas.com - 16/09/2022, 14:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Benua Australia secara astronomi terletak di antara 10° LS-45° LS dan 113° BT- 154° BT. Letaknya di belahan bumi selatan. Di bagian utara tidak jauh dari ekuator. Negara Australia terkenal sebagai negara kangguru.

Berikut adalah keadaan alam Benua Australia: 

Bentang alam Australia

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bentang alam Benua Australia terbagi menjadi lima kawasan, sebagai berikut: 

  • Plato Barat 

Di kawasan ini merupakan dataran tinggi luas yang kemudian mengalami rosi. Kawasan ini terdiri dari Plato Hammersley, Plato Kimberly, Plato Tanah Arnhem, Pegunungan Rendah Macdonnell dan Musgrave, serta monolit raksasa (batu besar), Uluru atau Ayers Rock. 

Sebagian besar kawasan Plato arat dipenui gurun pasir dan wilayah luas yang tidak bersungai. Sungai-sungai yang ada hanya mengalir dari barat atau utara. 

Baca juga: Mengenal Wilayah Australia, Benua Terkecil di Dunia

  • Dataran Rendah Tengah 

Kawasan ini merupakan endapan dan membentang dari pantai utara di Teluk Carpentaria ke selatan di dataran rendah Sungai Murray dan Darling.

Sebagian besar sungai mengalir tidak tetap (ketika hujan) ke danau-danau di daerah pedalaman dan tidak pernah sampai ke laut. Danau Eyre merupakan danau terbesar dan tanpa air (danau garam) hampir sepanjang tahun. 

  • Dataran Tinggi Timur 

Kawasan ini dikenal dengan Pegunungan Pemisah Besar. Dataran tinggi terbentuk dari gunung-gunung tua yang tererosi dan membentang dari Semenanjung Cape York ke selatan arah Tasmania. 

Pegunungan Salju merupakan pegunungan tertinggi di Australia. Puncak Pegunungan Salju adalah Gunung Kosciusko dengan tinggi 2.228 meter, yang merupakan gunung tertinggi di Australia. 

Dataran tinggi timur merupakan daerah hulu dari banyak sungai yang mengalir ke pantai timur dan ke daerah pedalaman

  • Dataran Pantai Barat 

Kawasan ini terbentuk akibat sesar batuan di sepanjang pantai barat Benua Australia. Sesar batuan di pantai yang sempit kemudian tertekan ke bawah sehingga membentuk daratan pantai. 

Baca juga: Pembagian Iklim Benua Australia

  • Dataran Pantai Timur

Sedangkan di kawasan ini, sesar batuan di sepanjang pantai timur menimbulkan dataran rendah pantai yang sempit. 

Jalur pantai yang sempit itu terdiri dari lembah-lembah sungai dan bukit-bukit. Beberapa sungai pendek yaitu Sungai Burdekin, Fitzroy, dan Hunter penting bagi pertanian dan penduduk.

Di sebelah timur benua, yaitu di lepas pantai Queensland terdapat kawasan terumbu karang sangat luas yang disebut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef). Karang ini terbesar dan terpanjang di dunia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com