Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Wilayah Australia, Benua Terkecil di Dunia

Kompas.com - 30/08/2022, 17:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Benua Australia memiliki nama resmi Commonwealth of Australia yang berarti Persemakmuran Australia. Australia menjadi sebuah negara dan benua yang memiliki negara bagian.

Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia yang terletak di sisi selatan Negara Indonesia. Luas Benua Australia adalah 8.945.000 kilometer persegi. 

Benua Australia memiliki beberapa negara bagian. Meskipun letaknya berdekatan dengan Indonesia, namun Benua Australia memiliki iklim yang jauh berbeda dengan Indonesia. 

Benua Australia pertama kali dihuni oleh Suku Aborigin pada sekitar 40.000 tahun yang lalu. Tahun 1606, penjelajah Belanda menemukan benua ini dan kemudian jatuh di tangan Kerajaan Inggris dan menjadikannya sebagai tempat pembuangan pelaku kriminal.

Akhirnya, Benua Australia menjadi salah satu persemakmuran Britania Raya. 

Baca juga: Angin Muson Asia-Australia: Proses dan Sistemnya

Iklim dan alam Benua Australia

Australia merupakan benua datar yang memiliki pegunungan dengan rata-rata 30 meter di atas permukaan laut. Benua Australia merupakan benua terkering di dunia dengan hampir 20 persen diklasifikan sebagai gurun. 

Benua Australia ini memiliki variasi iklim dari berbagai sisi benua. Pada benua Australia, di bagian utara ini memiliki iklim tropis, pada barat daya dan sepanjang pantai selatan memiliki iklim sub tropis.

Pantai timur Australia memiliki curah hujan yang tinggi sedangkan bagian barat kering. Fauna yang khas dan banyak ditemui di Australia adalah Koala dan Kanguru.

Australia menjadi negara sekaligus benua dengan kualitas penduduk dan sumber daya manusia yang tinggi. Angka harapan hidup di Australia menunjukkan kategori tinggi yaitu 82  tahun.

Artinya, penduduk Australia memiliki kondisi kesehatan yang baik dengan kesejahteraan yang seimbang.

Sebagai negara maju yang makmur, Australia adalah ekonomi terbesar ke-13 di dunia. Australia memiliki peringkat tinggi dalam banyak perbandingan kinerja antarbangsa seperti pembangunan, mutu kehidupan, perawatan kesehatan, harapan hidup, pendidikan umum, kebebasan ekonomi, perlindungan kebebasan sipil, dan hak-hak politik.

Baca juga: Daftar Negara di Australia dan Oseania serta Ibu Kotanya

Letak Benua Australia

Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta, Australiacanva.com Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta, Australia

Benua Australia memiliki luas total wilayah sekitar 7,7 juta kilometer persegi berada di atas lempeng Indo-Australia, yang terbentang dari Teluk Carpentaria hingga Pulau Tasmania.

Australia terdiri dari daratan Australia, Guinea Baru, Tasmania, dan beberapa pulau terdekat. Secara astronomis, Benua Australia terletak antara 9°LS-44°LS dan 112°BT - 154°BT.

Benua Australia memiliki batas wilayah secara geografis sebagai berikut:

  • Utara: Indonesia, Timor Leste, Papua Niugini
  • Timur: Samudera Pasifik, Selandia Baru
  • Barat: Samudera Hindia
  • Selatan: Samudera Hindia

Negara-negara di Benua Australia

Benua Australia terdiri dari enam negara bagian dan dua teritorial yang merupakan bagian dari negara persemakmuran. Berikut negara bagian Australia beserta ibu kotanya, yaitu:

  • Australia Selatan: Adelaide
  • New South Wales: Sydney
  • Queensland: Brisbane
  • Victoria: Melbourne
  • Australia Utara: Darwin
  • Australia Barat: Perth
  • Tasmania: Hobart
  • Australian Capital Territory: Canberra

Baca juga: Jenis-Jenis Tanaman Australia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com