Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Terbentuknya Gurun di Benua Australia

Kompas.com - 30/12/2021, 13:56 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Australia merupakan benua terkecil di dunia yang terkenal akan berbagai hewan endemiknya. Australia memiliki banyak gurun, keberadaan gurun di Australia terjadi karena letak astronomisnya yang berada di 11° hingga 44° lintang selatan.

Di mana pada garis lintang 15° hingga 30° sebelah utara dan selatan khatulistiwa merupakan sabuk tekanan tinggi subtropis. Sabuk bertekanan tinggi tersebut terjadi akibat udara panas naik dan mendingin di atmosfer sekitar khatulistiwa.

Udara panas yang mendiringin tersebut kemudian turun menjadi hujan lebat di daerah khatulistiwa yang tropis. Tidak hanya menghasilkan hujan, pendinginan tersebut juga menghasilkan massa udara bersuhu rendah dengan kelembapan yang rendah pula.

Massa udara tersebut tidak ikut turun bersama hujan ke daerah khatulistiwa. Melainkan bergeser ke luar dan memenuhi udara di garis lintang 15° hingga 30° sebelah utara dan selatan khatulistiwa, membentuk suatu sabuk udara bertekanan tinggi.

Baca juga: Karakteristik Benua Australia

Dilansir dari National Geographic, massa udara yang lebih dingin dan kering tersebut kemudian menghalangi pembentukan awan sehingga sangat sedikit hujan yang turun ke daratan di bawahnya (Benua Australia).

Hal tersebut menjadikan Australia sebagai benua terkering kedua di dunia setelah Antartika dan sekaligus menjadi alasan terbentuknya gurun subtropis di Australia.

Selain kering, hal tersebut membuat sebagian besar wilayah Australia sangat minim curah hujan dengan suhu udara yang panas.

Dilansir dari Australian Bureau of Statistics, curah hujan rata-rata benua Australia adalah 250 milimeter per tahun. Jika dibandingkan dengan curah hujan Indonesia yang sekitar 2.000 hingga 3.000 milimeter per tahun, jelas Australia sangat kering.

Baca juga: Angin Muson Asia-Australia: Proses dan Sistemnya

Dengan kondisi udara yang kering dan panas, gurun subtropiss Australia terbentuk. Dilansir dari Geoscience Australia, gurun Australia tersebar di dataran tinggi Barat dan dataran rendah pedalaman, melingkupi sekitar 18 persen dari total daratan Australia.

Gurun di Australia dari yang paling luas ke yang paling kecil adalah Gurun Great Victoria, Gurun Great Sandy, Gurun Tanami, Gurun Simpson, Gurun Gibson, Gurun Little Sandy, Gurun Strzelecki, Gurun Sturt Stony, Gurun Tirari, dan Gurun Pedirka.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com