Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Peter Henlein, Penemu Jam Mekanik

Kompas.com - 02/09/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Siapa yang tak mengenal jam? Benda ini berperan penting dalam kehidupan manusia, baik untuk mengukur atau menunjukkan waktu.

Jam membantu manusia untuk menentukan dan mengatur waktu dengan baik. Tanpa jam, manusia akan sulit mengatur aktivitasnya.

Hingga saat ini, penemuan jam mekanik masih menjadi salah satu penemuan terbesar dan tertua dalam peradaban manusia.

Kira-kira, siapakah penemu jam mekanik? Mari simak jawabannya di bawah ini!

Peter Henlein, sang penemu jam mekanik

Penemu jam mekanik adalah Peter Henlein, asal Jerman. Awalnya ia membuat jam mekanik untuk membantu tokoh agama gereja dalam mengatur waktu doa. Hingga akhirnya jam ini dikenal masyarakat luas di seluruh dunia.

Peter Henlein dilahirkan pada 1485 dan dibesarkan di wilayah Nuremberg, Jerman. Ayahnya bernama Peter Henlein I dan ibunya Barbara Henlein. Keluarganya bekerja sebagai pengrajin besi dan kuningan.

Baca juga: Biografi Christiaan Eijkman, Penemu Vitamin

Pada masa mudanya, Peter Henlein mencoba bekerja sebagai tukang kunci, di mana pekerjaan ini masih sangat sedikit peminatnya.

Pada 7 September 1504, Henlein berkelahi dengan sesama tukang kunci bernama George Glaser. Dalam perkelahian tersebut, George meninggal dan Henlein dijadikan tersangka. Kemudian Henlein memohon suaka di Biara Fransiskan, Nuremberg, Jerman.

Di Franciscan Monastery of Nuremberg, tempat penampungan untuk orang dengan masalah kejiwaan, kemampuannya untuk membuat jam kian bertambah pesat.

Ia terus mempelajari teknik pembuatan jam tangan. Akhirnya pada 1505, Henlein membuat jam pertamanya, bernama Watch 1505, sebuah pomander berlapis emas.

Kemudian pada November 1509, ia menjadi master dalam serikat tukang kunci di Nurember, Jerman.

Henlein kemudian dikenal sebagai pembuat jam kuningan hias portable dengan tenaga pegas, yang sangat langka dan mahal. Karena hanya kelompok bangsawan saja yang sanggup membayar dan memakai kuningan hias.

Baca juga: Biografi Marconi, Penemu Radio yang Selamatkan Penumpang Titanic

Berkat kemampuan dan keahliannya, Peter Henlein diangkat sebagai guru besar di The City's Locksmith Guild, sebuah sekolah kejuruan.

Di tempat itu, ia tetap meneruskan keahlian dan kegemarannya membuat jam. Henlein menghembuskan napas terakhirnya pada Agustus 1542.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com