Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Adaptasi Hewan dan Contohnya

Kompas.com - 29/08/2022, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Makhluk hidup, termasuk hewan perlu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Supaya mereka mampu melindungi diri dari serangan predator atau musuh.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adaptasi adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan, pekerjaan, atau pelajaran.

Adaptasi merupakan cara makhluk hidup untuk bertahan, melindungi diri, dan mempertahankan keberlangsungan spesiesnya melalui reproduksi.

Hewan beradaptasi dengan menyesuaikan karakteristik tubuh hingga tingkah laku mereka sesuai tempatnya tinggal.

Ada empat cara adaptasi hewan, yakni kamuflase, mimikri, autotomi, dan menggulung diri. Berikut pemaparannya:

Kamuflase

Adalah cara adaptasi hewan dengan menyamarkan tubuhnya dengan lingkungan sekitar. Berfungsi melindungi diri dari bahaya dan menyamarkan identitasnya agar tidak mudah diketahui pemangsa.

Baca juga: Fungsi Adaptasi pada Hewan

Kamuflase terjadi ketika hewan menyesuaikan keberadaan diri dengan warna kulitnya. Sehingga musuh sulit menemukan bahkan mengenalinya.

Contohnya belalang daun yang bewarna hijau, hinggap di daun untuk menyamarkan dan menyembunyikan dirinya dari predator.

Mimikri

Merupakan cara adaptasi hewan dengan mengganti warna tubuh sesuai warna tempat, agar terlihat membaur dengan lingkungan sekitarnya.

Contohnya bunglon yang mengganti warna kulitnya menjadi hijau ketika berada di antara tumbuhan hijau, dan berubah menjadi cokelat saat berdiam di atas tanah atau tumpukan daun kering.

Autotomi

Adalah cara adaptasi hewan dengan memutus bagian tubuhnya. Adaptasi ini dilakukan ketika  hewan merasa terganggu atau mencoba melarikan diri.

Contohnya cicak yang memutus ekornya ketika merasa terancam. Ekornya yang terputus itu akan bergerak-gerak dan mengelabui musuhnya, sementara cicak melarikan diri.

Baca juga: Adaptasi Morfologi Pada Hewan

Menggulung diri

Cara adaptasi hewan ini dilakukan dengan menggulungkan dirinya ketika merasa terancam atau mencoba melarikan diri.

Misalnya trenggiling yang menggulungkan tubuhnya menjadi spiral agar mampu mempertahankan diri. Contoh hewan lainnya, yakni lipan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com