Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Pokok Paragraf: Ciri-ciri, Cara Menentukan, dan Contohnya

Kompas.com - 19/08/2022, 17:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Ide pokok paragraf adalah inti pembicaraan atau pokok permasalahan dalam sebuah bacaan. Ide pokok merupakan kalimat yang bersifat umum, kemudian dijelaskan melalui kalimat yang lebih khusus. 

Ide pokok disebut juga gagasan utama, kalimat topik, tema, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran. Dalam satu paragraf, paling tidak ada satu kalimat utama yang menjadi gagasan utama.

Pokok pikiran menjadi inti utama dari suatu bacaan, kemudian kalimat selanjutnya memberi pengembangan informasi.

Ciri-ciri ide pokok paragraf

Pada umumnya, menentukan ide pokok dalam paragraf dapat dilakukan dengan mudah melalui ciri-cirinya. Ada pun ciri-ciri dari ide pokok, sebagai berikut:

  • Mengandung pokok persoalan atau inti permasalahan.
  • Inti permasalahan disebutkan secara gamblang pada kalimat umum atau utama.
  • Memiliki pernyataan penjelas atau pendukung.
  • Pernyataan pendukung disebutkan dalam kalimat khusus atau penjelas.

Baca juga: 5 Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya beserta Contohnya

Cara menentukan ide pokok paragraf 

Cara menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf ditentukan dari gagasan pendukung suatu bacaan. Untuk menentukan ide pokok paragaraf ada beberapa cara di antaranya:

  • Membaca judul dan keseluruhan bacaan paragraf secara cepat dan teliti. Perhatikan judul dan bacaan, kemudian membuat rumusan gagasan utama.
  • Cermati kalimat awal sampai akhir
  • Baca kalimat demi kalimat, sampai akhirnya menemukan ide pokok paragraf
  • Setelah menemukan gagasan pokok, kemudian baca cepat paragraf berikutnya. Baca bagian sub judul, lalu hubungkan dengan ide pokok pikiran.
  • Buat rumusan yang sesuai ide pokok tersebut
  • Perhatian ide pokok berupa pernyataan umum yang cakupannya luas. Adapun gagasan pendukung lebih sempit cakupannya, yaitu berupa pernyataan khusus.
  • Buat catatan untuk gagasan utama setiap paragraf. Catatan ini akan memudahkan memahami paragraf secara runtut dan logis. Biasanya, ide pokok pernyataan dari umum-khusus (deduktif) dan khusus-umum (induktif)

Baca juga: Jenis-Jenis Paragraf dan Contohnya

Contoh menentukan ide pokok paragraf

Berikut adalah salah satu contoh menentukan ide pokok dalam paragraf, yaitu: 

Pohon memberikan berbagai manfaat bagi manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber makanan, obat maupun bahan industri. Salah satu peranan pohon yang paling penting bagi manusia dan segala makhluk hidup adalah pohon merupakan penghasil udara segar yang ada di dunia.

Ide pokok dari paragraf di atas adalah manfaat pohon bagi kesehatan makhluk hidup.

Berdasarkan paragraf yang ada di atas, kita dapat melihat, kalimat pertama merupakan kalimat utama dari paragraf tersebut, dan kalimat yang lain berguna menjadi kalimat penjelas dari kalimat utama yang ada.

Seperti yang dapat kita lihat dari kalimat “Pohon bermanfaat sebagai sumber makanan, obat maupun bahan industri” yang mengindikasikan pohon memberikan berbagai manfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com