Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Teks Prosedur

Kompas.com - 23/07/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Teks prosedur biasanya kita jumpai saat ingin melakukan suatu kegiatan yang belum diketahui caranya.

Jenis teks ini sangat membantu kita dalam melakukan aktivitasnya. Ciri teks prosedur, antara lain memuat tujuan, alat dan bahan, serta langkah-langkah atau tahapan.

Dikutip dari buku Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0 (2019) karya Ida Widaningsih, teks prosedur adalah teks yang memberi petunjuk untuk melakukan atau menggunakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.

Tujuan teks prosedur, yakni menjelaskan bagaimana sesuatu dibuat dan dilaksanakan menggunakan cara atau tahapan yang telah dirumuskan.

Berikut beberapa manfaat teks prosedur:

Memberi petunjuk

Salah satu manfaat teks prosedur ialah memberi petunjuk kepada pembaca. Petunjuk ini membantu mereka melakukan hal yang barangkali belum pernah dilakukannya.

Baca juga: Struktur Teks Prosedur

 

Contoh, seseorang belum pernah membuat mi. Dengan teks prosedur, orang itu akan mengikuti langkah-langkah yang diberikan, dan berupaya membuat mi sesuai yang diinginkannya.

Membantu pemahaman seseorang

Dilansir dari buku Monograf (2022) oleh Dito Aditia Darma Nasution dkk, manfaat teks prosedur adalah membantu seseorang untuk memahami cara melakukan sesuatu secara tepat.

Bisa juga dikatakan bahwa teks prosedur membantu pemahaman seseorang mengenai langkah-langkah membuat sesuatu dengan benar agar tujuannya tercapai.

Menjelaskan langkah-langkah

Menurut Hari Wibowo dalam buku Model dan Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia (2018), manfaat teks prosedur, yaitu menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan suatu pekerjaan.

Teks prosedur membantu seseorang melaksanakan kegiatannya dengan baik. Karena ada panduan yang diberikan penulis kepada pembaca terkait kegiatan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com