Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karya Seni Rupa Tiga Dimensi: Ciri-ciri dan Jenisnya

Kompas.com - 02/06/2022, 17:30 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, seni rupa diartikan sebagai seni pahat dan seni lukis. 

Sedangkan karya seni rupa tiga dimensi adalah sebuah karya yang memiliki sisi panjang, lebar, tinggi, dan volume. Sehingga karya seni tersebut dapat dinikmati dari segala sisi. 

Ciri-ciri karya seni rupa tiga dimensi 

Sama halnya dengan karya seni lainnya, karya seni rupa tiga dimensi juga memiliki ciri-ciri khusus. Berikut ciri-ciri karya seni rupa tiga dimensi dilansir dari Lumen Learning, yaitu: 

  • Memiliki sisi 

Sisi merupakan bagian permukaan bentuk, baik depan, samping, atas, atau bawah. Sisi bentuk tiga dimensi berupa permukaan datar atau melengkung seperti bola. 

Baca juga: Pameran Seni Rupa: Pengertian, Manfaatnya, dan Jenis

  • Memiliki ruang dan volume 

Ruang merupakan area kosong yang ada di dalam bentuk tiga dimensi dan dapat diisi. Sehingga bentuk tiga dimensi kerap disebut bangun ruang.

Dalam sebuah karya seni rupa, ruang terbagi menjadi dua, yaitu ruang nyata dan imajinasi. Ruang nyata merupakan ruang yang dapat dilihat, sedangkan ruang imajinasi yaitu ruangan yang dapat dirasakan melalui khayalan. 

  • Warna 

Hasil akhir sebuah karya seni rupa tiga dimensi adalah pada warna. Warna memberikan keindahan dan kemegahan tersendiri untuk sebuah karya seni rupa tiga dimensi. 

  • Tekstur 

Kondisi permukaan atau dasar lapisan atas benda yang ada dalam karya seni rupa, seperti halus, kasar, berongga, bergelombang, dan lain-lain. 

Bentuk karya seni rupa tiga dimensi 

Jenis karya seni tiga dimensi yang dipamerkan terdiri atas patung, keramik, dan kriya. Hal ini berkaitan dengan bentuk-bentuk karya seni rupa tiga dimensi pada umumnya. 

Karya seni rupa tiga dimensi, di antaranya: 

Seni patung 

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), patung merupakan suatu bentuk artistik di mana menggunakan bahan keras dan lunak yang dikerjakan menjadi karya seni tiga dimensi. 

Karya seni patung dibentuk dengan metode subtraktif atau mengurangi volume dan metode adiktif (penambah volume). 

Patung berbentuk tiga dimensi adalah karya seni patung yang memiliki ukuran panjang, lebar, tinggi atau memiliki volume yang dapat dilihat dari segala arah. 

Karya seni patung termasuk dalam karya seni rupa murni. Karena seni patung lebih mengutamakan fungsi keindahan atau nilai estetisnya.

Baca juga: Fungsi Karya Seni Rupa Daerah

Seni kriya 

Seni kriya disebut juga dengan seni kerajinan tangan. Seni krita menjadi salah satu cabang seni rupa yang memiliki tradisi bermutu tinggi atau nilai adiluhung. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com