Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Penting Perdamaian Dunia bagi Sebuah Negara

Kompas.com - 21/05/2022, 15:30 WIB
Ester Johana,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber KBBI

KOMPAS.com - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, perdamaian adalah penghentian permusuhan atau persilisihan dan sebagainya. 

Perdamaian dunia diartikan sebagai gagasan perdamaian, kebebasan, dan kebahagiaan bagi seluruh negara. 

Perdamaian dunia dilakukan melalui hak asasi manusia, teknologi, kesehatan, pendidikan, hingga mengakhiri semua pertikaian yang terjadi diseluruh dunia.

Perdamaian dunia dapat tercapai bila seluruh negara berada dalam satu imperium dengan undang-undang yang seragam bagi semua negara. 

Perdamaian dunia bagi sebuah negara adalah hal yang penting untuk kemajuan bangsanya. Hal ini karena perdamaian dunia memiliki andil besar dalam terwujudnya kemajuan sebuah bangsa.

Baca juga: Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia

Dengan adanya perdamaian dunia, sebuah negara dapat berkembang dan memiliki persamaan hak asasi manusia, pendidikan, teknologi, dan kesehatan.

Jika perdamaian dunia terwujud, setiap negara mampu melaksanakan tugasnya sendiri, yaitu dengan menjaga kestabilan ekonomi, kestabilan politik, hubungan internasional yang baik, ataupun keamanan yang ada.

Perdamaian dunia dan perkembangan negara

Lalu, apa arti perdamaian dunia bagi perkembangan suatu negara? Berikut penjelasannya: 

Penerimaan hak orang lain

Penerimaan hak orang lain adalah kategori yang dirancang untuk lembaga formal yang menjamin hak-hak dasar serta kebebasan sosial dan budaya informal. Selain itu juga norma-norma yang berhubungan dengan perilaku warga negara.

Contohnya, di Amerika ada persatuan untuk orang-orang yang termarginalisasi. Orang-orang yang termaginalisasi ini adalah orang kulit hitam, latino, dan orang-orang yang tidak berkulit putih.

Orang-orang ini cenderung didiskriminasi karena warna kulit mereka sehingga terbentuklah sebuah persekutuan untuk mencegah terjadinya hukuman yang tidak adil bagi orang-orang yang tidak berkulit putih.

Baca juga: Perdamaian: Definisi dan Jenisnya

Memiliki tingkat korupsi yang rendah

Dengan adanya perdamaian dunia, setiap negara bisa memutuskan untuk menjaga kestabilan ekonominya serta menjaga peraturan hukum yang ada di negaranya.

Selain itu, korupsi juga dapat merusak perdamaian di sebuah negara dan dapat meningkatkan kesenjangan antara masyarakat dan pemerintah, sehingga merusak perdamaian.

Menjaga kestabilan politik

Dengan adanya perdamaian dunia, sebuah negara lebih memiliki kemampuan untuk menjaga kestabilan politik sebuah negara.

Jika politik yang ada di sebuah negara tidak benar, maka hal itu dapat memicu ketegangan politik antarnegara serta politik luar negeri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com