Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Proses Pemurnian Gula yang Bercampur Pasir

Kompas.com - 29/03/2022, 13:53 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Gula pasir dan pasir adalah dua zat yang memiliki bentuk serupa. Bagaimana cara memurnikan gula yang bercampur pasir? Gula yang bercampur pasir dapat dimurnikan dengan urutan pelarutan, filtrasi, lalu kristalisasi.

Untuk lebih memahaminya, berikut adalah proses permunian gula yang bercampur dengan pasir!

Pelarutan

Gula dan pasir memiliki bentuk kristal-kristal kecil yang memiliki ukuran hampir serupa. Sehingga, sulit untuk memisahkan gula yang bercampur dengan pasir.

Gula yang bercampur pasir dapat dimurnikan dengan melarutkan campuran gula dan pasir ke dalam air. Hanya gula yang akan larut dalam air, sedangkan pasir tidak larut.

Baca juga: Jenis-jenis Pemisahan Campuran

Dilansir dari Purdue University College of Science, gula larut dalam air karena energi yang dilepaskan ketika molekul sukrosa yang sedikit polar, membentuk ikatan dengan molekul air yang polar.

Sedangkan, pasir tidak akan larut dalam air seperti gula. Pasir memiliki ikatan antar molekul yang kuat. Membuatnya hanya tersuspensi dalam air dan membuat larutan tersebut menjadi keruh.

Filtrasi

Proses pemurnian gula dari pasir selanjutnya adalah proses pemisahan campuran yang disebut dengan filtrasi.

Filtrasi atau penyaringan adalah pemisahan zat cair dari zat pada dalam suatu campuran. Filtrasi dapat dilakukan dengan menggunakan kertas saring yang pori-pori kertasnya lebih kecil daripada ukuran partikel pasir.

Baca juga: Cara Memisahkan Campuran: Filtrasi, Distilasi, Kromatografi, Sublimasi

Pada proses filtrasi, pasir yang tersuspensi dalam larutan akan tertahan pada kertas saring. Menyisakan larutan gula yang tidak berwarna (bening) karena sudah tidak mengandung partikel pasir.

Kristalisasi

Proses pemurnian gula yang bercampur dengan pasir yang terakhir adalah kristalisasi. Dilansir dari Chemistry LibreTexts, larutan gula dikristalisasi dengan cara memanaskan larutan hingga mengental dan mulai mengkristal.

Gula yang mengkristal akan membentuk padatan gula pasir dan kemudian tinggal dipisahkan dengan air melalui tabung centrifuge.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com