Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Perubahan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak

Kompas.com - 09/02/2022, 12:46 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comEnergi adalah kekal, tidak bisa diciptakan ataupun dimusnahkan. Energi hanya dapat diubah menjadi bentuk lain. Misalnya, perubahan bentuk energi kimia menjadi energi gerak.

Apakah contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak? Berikut adalah contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak dalam kehidupan sehari-hari!

Bahan bakar yang menggerakkan kendaraan

Bensin merupakan salah satu bahan bakar yang paling banyak digunakan oleh manusia. Dilansir dari Lumen Learning, bensin memiliki energi kimia dalam molekulnya yang dapat terputus ketika mesin dinyalakan.

Hal tersebut membuat bensin melepaskan energi yang kemudian menggerakkan piston. Sehingga, kendaraan bermotor dapat bergerak.

Baca juga: Perubahan Energi dan Contohnya

Perubahan energi kimia menjadi energi gerak tidak hanya berlaku pada bensin kendaraan bermotor. Melainkan pada semua jenis bahan bakar yang menggerakkan kendaraan.

Misalnya, diesel yang menggerakan truk dan alat berat, marine fuel oil yang menggerakkan kapal laut, avtur dan juga avgas yang menggerakkan pesawat terbang juga mesin jet lainnya.

Reaksi kimia peluncuran roket

Roket memiliki energi gerak yang sangat besar, membuatnya bisa meluncur keluar dari atmosfer bumi menuju luar angkasa. Energi gerak roket yang besar tersebut dihasilkan oleh energi kimia bahan bakarnya.

Roket luar angkasa menggunakan hidrogen cair sebagai bahan bakar. Penggunaan hidrogen cair dibantu dengan penambahan propelan dan oksigen cair sebagai bahan bakar.

Dalam hitungan mundur roket, bahan-bahan yang mengandung energi kimia tersebut akan dicampurkan.

Baca juga: Perubahan Energi yang Terjadi pada Mobil yang Dikendarai di Malam Hari

Dilansir dari NASA Blogs, reaksi hidrogen-oksigen menghasilkan panas yang luar biasa, menyebabkan uap air mengembang dan keluar dari nozel mesin dengan kecepatan 10.000 mil per jam.

Energi kimia tersebut berubah menjadi energi gerak yang mendorong roket keluar dari bumi.

Metabolisme tubuh

Contoh selanjutnya dari perubahan energi kimia menjadi energi gerak adalah metabolisme tubuh. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, metabolisme adalah sejumlah reaksi kimia yang terjadi dalam sel organisme hidup yang menghasilkan energi untuk proses vital.

Makanan yang dikonsumsi mengandung sejumlah energi kimia. Metabolisme memecah energi kimia tersebut dan mengubahnya menjadi energi gerak dalam bentuk ATP. ATP kemudian digunakan manusia dan hewan untuk kontraksi otot dan menggerakkan anggota tubuhnya.

Baca juga: Contoh Pemanfaatan Perubahan Energi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Baterai yang menggerakkan alat elektronik

Baterai yang menggerakkan alat elektronik adalah contoh perubahan energi kimia menjadi energi gerak dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan energi kimia baterai menjadi energi gerak tidak langsung terjadi.

Melainkan, energi kimia baterai diubah terlebih dahulu menjadi energi listrik, energi listrik kemudian diubah kembali menjadi energi gerak.

Contoh baterai yang menggerakkan alat elektronik adalah baterai yang menggerakkan mobil-mobilan, miniatur kereta api, drone, dan juga robot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com