Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Peristiwa yang Menunjukkan Cahaya Dapat Diuraikan

Kompas.com - 08/02/2022, 18:13 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Cahaya memiliki sifat-sifat yang unik, salah satunya adalah cahaya dapat diuraikan. Contoh peristiwa yang menunjukkan cahaya dapat diuraikan adalah terjadinya pelangi, dispersi gelembung sabun, cakram padat, tumpahan bensin, dan prisma kaca.

Pelangi

Terjadinya pelangi adalah contoh peristiwa yang menunjukkan bahwa cahaya dapat diuraikan. Pelangi adalah dispersi cahaya matahari oleh tetesan-tetesan air. Cahaya matahari bersifat polikromatik atau terdiri dari banyak panjang gelombang.

Dilansir dari Lumen learning, cahaya matahari memasuki tetes air dan dipantulkan dari bagian belakang tetesan. Cahaya yang masuk ke tetes air terurai beberapa panjang gelombang dengan warna tertentu dan membentuk pelangi.

Baca juga: Sifat-sifat Cahaya dan Contohnya

Dispersi cahaya pada gelembung sabun

Pada gelembung sabun, kita dapat melihat warna-warni di permukaannya yang tipis. Tidak seperti pelangi, warna pada gelembung sabun berubah-ubah sesuai dengan pergerakkannya.

Warna-warni tersebut berasal dari dispersi atau penguraian cahaya tampak yang masuk ke dalam gelembung.

Cahaya tampak teurai menjadi banyak panjang gelombang. Dilansir dari Science Focus, cahaya terurai yang dipantulkan lapisan tipis gelembung saling berinterferensi. Hal tersebut menyebabkan timbulnya warna pada permukaan gelembung yang berubah-ubah.

Tumpahan bensin di jalan

Pernahkah kamu memperhatikan tumpahan bensin dan air di jalan memiliki warna pelangi? Jika bensin dan air tumpah, maka bensin akan membentuk suatu lapisan tipis di atas air.

Lapisan tipis tersebut dapat menguraikan cahaya matahari menjadi berbagai warna. Warna yang muncul pada tumpahan bensin dan air tersebut bervariasi, sesuai dengan ketebalan lapisan bensinnya.

Baca juga: Contoh Peristiwa Mencair dalam Kehidupan Sehari-hari

Tumpahan bensin yang tipis lebih banyak menghasilkan warna kuning dan merah. Adapun, tumpahan bensin yang lebih tebal atau banyak lebih banyak menghasilkan warna biru dan ungu pada permukaannya.

Dispersi cahaya pada CD

Contoh peristiwa selanjutnya yang menunjukkan cahaya dapat diuraikan adalah terjadinya dispersi pada cakram padat atau CD. Dilansir dari Exploratorium, CD menguraikan cahaya putih menjadi semua warna yang membentuknya.

Cahaya yang terurai tersebut kemudian berinterferensi membentuk warna-warni yang timbul di permukaan CD.

Baca juga: Pembiasan Cahaya pada Prisma

Dispersi cahaya pada prisma kaca

Contoh peristiwa terurainya cahaya selanjutnya ditunjukkan oleh dispersi cahaya pada prisma kaca. Jika suatu prisma kaca disinari oleh cahaya senter, maka cahaya senter akan diuraikan menjadi panjang gelombang pembentuknya.

Setiap panjang gelombang kemudian akan membentuk warna yang berbeda-beda ketika keluar dari prisma. Akibatnya, cahaya senter yang masuk ke prisma akan menjadi pelangi saat keluar dari prisma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com