Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumus-rumus Tangga Nada

Kompas.com - 24/01/2022, 15:05 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comTangga nada adalah urutan nada yang menciptakan suatu melodi. Rumus tangga nada bergantung pada jenis tangga nada yang digunakan.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, secara umum hanya ada dua jenis tangga nada yang digunakan hampir selama 300 tahun terakhir. Kedua jenis tangga nada tersebut adalah tangga nada mayor dan tangga nada minor.

Dilansir dari musictheory.net, tangga nada mayor dan minor memiliki tujuh triad khusus yang disebut dengan triad diatonis. Sehingga, tangga nada mayor dan minor sering juga disebut sebagai tangga nada diatonis mayor dan tangga nada diatonis minor.

Baca juga: Perbedaan Tangga Nada Mayor dan Minor

Rumus tangga nada mayor

Tangga nada mayor adalah tangga nada yang paling sering digunakan dalam pembuatan musik. Dilansir dari Hello Music Theory, tangga nada mayor adalah kombinasi lima nada utuh dan dua seminada. Rumus tangga nada mayor adalah:

1 – 1 – ½ - 1 – 1 – 1 – ½

Dari rumus di atas terlihat bahwa tangga nada mayor memiliki nada ke 1, 2, 4, 5, dan 6 yang merupakan nada utuh. Sedangkan nada ke-3 dan ke-6 nya adalah setengah langkah atau seminada (interval terkecil antara dua nada).

Contoh tangga nada mayor adalah sebagai berikut:

Tangga nada C mayor: C – D – E – F – G – A – B – C

Baca juga: Contoh Lagu Daerah dengan Tangga Nada Mayor dan Minor

Rumus tangga nada minor

Tangga nada minor adalah tangga nada yang sering digunakan untuk menciptakan melodi atau musik yang sedih dan melankolis. Sama seperti tangga nada mayor, tangga nada minor juga terdiri dari lima nada utuh dan dua seminada.

Yang membedakan rumus tangga nada mayor dan minor adalah urutan nada dan seminadanya. Rumus tangga nada minor adalah:

1 – ½ - 1 – 1 – ½ - 1 – 1

Dari rumus terlihat bahwa nada ke 1, 3, 4, 6, dan 7 tangga nada minor adalah satu langkah atau nada utuh. Sedangkan nada ke-2 dan ke-5 nya merupakan setengah langkah atau seminada.

Baca juga: Contoh Lagu Nasional dengan Tangga Nada Mayor dan Minor

Contoh tangga nada minor adalah sebagai berikut:

Tangga nada C minor: C – D – Eb – F – G – Ab – Bb – C

Rumus tangga nada mayor dan minor tersebut kemudian dapat dikembangkan ke dalam berbagai kunci nada untuk menciptakan melodi untuk lagu yang berbeda-beda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com