Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Press Release: Pengertian dan Jenisnya

Kompas.com - 29/12/2021, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comPress release biasanya disusun oleh Public Relations (PR) sebuah perusahaan atau organisasi. Tujuan utama pembuatan press release ialah untuk menginformasikan kepada publik mengenai suatu hal yang berkaitan dengan perusahaan atau organisasi.

Dalam jurnalistik, press release merupakan salah satu teknik pengumpulan fakta. Artinya jurnalis menggunakan press release sebagai sarana pengumpulan fakta terkait suatu perusahaan atau organisasi.

Apa itu press release?

Pengertian press release

Menurut M. Fikri Akbar, dkk dalam buku Public Relations (2021), press release adalah informasi yang dibuat serta disusun oleh PR suatu industri, organisasi, ataupun lembaga, dengan tujuan memberi informasi kepada publik melalui media massa, baik secara online maupun offline.

Press release bisa juga disebut siaran pers. Sederhananya, press release merupakan pemberitaan untuk surat kabar ataupun media massa.

Isi press release yang dibagikan perusahaan biasanya berfokus pada keuntungan atau pencapaian perusahaan. Sehingga mampu menarik perhatian khalayak terhadap perusahaan tersebut.

Baca juga: Nilai Berita: Pengertian dan Kriterianya

Bagi perusahaan atau organisasi, press release dipandang sebagai cara yang cukup efektif dan efisien dalam branding produk atau jasa perusahaan.

Mengutip dari buku Modul Jurnalisme Positif (2021) karya Nina dan Triyanto, dalam jurnalistik, kedudukan press release sama saja dengan teknik pengumpulan fakta, seperti wawancara, observasi, serta konferensi pers.

Dengan demikian, tidak ada keharusan bagi perusahaan media massa untuk menyiarkan semua fakta yang tercantum dalam siaran pers.

Jurnalis atau wartawan bisa menulis berita dari siaran press release yang mengandung makna dan kepentingan bagi orang banyak.

Jenis press release

Press release (siaran pers) bisa dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

Basic publicity release

Topik dalam jenis press release ini berisikan informasi yang dinilai mengandung nilai berita bagi perusahaan media massa.

Product release

Isi press release ini tentang produk perusahaan. Contohnya peluncuran produk baru, perubahan nama produk, dan lain-lain. Umumnya jenis press release ini terbatas pada perusahaan media yang berfokus pada ekonomi bisnis.

Financial release

Jenis press release ini berisikan informasi keuangan, yang dulunya dianggap tabu untuk disebarluaskan. Namun, saat ini financial release sudah mulai diberitakan kepada publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com