Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Musik Kontemporer Menurut Para Ahli

Kompas.com - 17/12/2021, 18:40 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Ada banyak jenis musik di dunia, salah satunya adalah musik kontemporer. Apakah itu musik kontemporer? Makna musik kontemporer yang disampaikan oleh dieter mack dan ahli lainnya adalah sebagai berikut!

Mack Dieter

Menurut Mack Dieter dalam buku berjudul Musik Kontemporer & Persoalan Interkultural (2001), pengertian musik kontemporer adalah konsep musik yang benar-benar baru menggunakan beragam sumber bunyi sebagai edia ekspresi kreatif.

Edi Sedyawati

Menurut Edi Sedyawati dalam buku berjudul Pertumbuhan Seni Pertunjukkan (1981), seni kontemporer adalah seni yang menunjukkan daya cipta yang hidup sesuai dengan kondisi kreatif dari masa terakhir.

Gendon Humardani

Menurut Gedon Humardan dalam buku Gamelan Kontemporer di Surakarta: Pembentukan dan Perkembangannya (1970-1990) (1991) karya Rustopo, kontemporer adalah suatu sikap berkesenian yang sejalan dengan konsep seni modern yang berorientasi pada masalah-masalah kehidupan masa kini.

Baca juga: Perbedaan Musik Tradisional dan Modern

Jiwa Atmaja

Menurut Jiwa Atmaja dalam Seni Kontemporer (1993), musik kontemporer adalah aksi maupun reaksi yang tumbuh dalam suasana tanpa batas di zaman yang terus berubah dan penuh kontroversi.

Sumarno

Sumarno dalam Bentuk Persaingan Penyediaan Jasa Musik di Surabaya Periode Juli 2000-juni 2001 (2002), musik kontemporer adalah musik perpaduan dari berbagai macam hasil rekaman bunyi-bunyi, baik yang berasal dari alat elektronik, alam, ataupun keduanya.

Suka Harjana

Menurut Suka Harjana dalam Corat-coret Musik Kontemporer Dulu dan Kini (2003), musik kontemporer tidak menunjuk kepada sesuatu apapun yang bersifat spesifik kecuali menyiratkan tentang suatu waktu “masa kini atau sesuatu yang bersifat kekinian yang tidak dibatasi oleh suatu periode tertentu.

Baca juga: Seni Teater Kontemporer: Pengertian dan Cirinya

Tjut Etty Renowati

Menurut Tjut Etty Renowati dalam jurnal Musik Kontemporer sebagai Media Pembelajaran Musik (2006), musik kontemporer adalah salah satu wujud sikap kreatif komponis dalam memperluas gramatika musik dari masa ke masa.

Dari makna musik kontemporer yang dikemukakan oleh para ahli di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa musik kontemporer adalah musik yang relevan dengan perkembangan zaman. Karya musik kontemporer memiliki tema yang bebas dan tidak terbatas oleh kaidah musik lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com