Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Komunikasi Pemasaran serta Penjelasannya

Kompas.com - 17/12/2021, 13:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comBentuk komunikasi pemasaran dibagi menjadi enam, yakni penjualan perorangan, iklan, promosi penjualan, pemasaran sponsorship, publisitas, dan komunikasi di tempat pembelian.

Keenam bentuk komunikasi pemasaran tersebut dilakukan sebagai upaya pengenalan dan pemasaran produk atau jasa kepada konsumen.

Mengutip dari buku Dunia Kerja Kekinian: Sebuah Perspektif Psikologi Industri dan Organisasi (2021) karya Sumaryono, berikut pengertian komunikasi pemasaran menurut Kotler dan Keller:

Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan sebagai upaya menginformasikan, membujuk, serta mengingatkan konsumen, baik secara langsung maupun tidak, tentang produk serta merek yang dijualnya”.

Bentuk komunikasi pemasaran

Menurut Terence A. Shimp dalam buku Advertising, Promotion, and Supplemental Aspect of Integrated Marketing Communications (2000), bentuk komunikasi pemasaran dapat dibagi menjadi enam jenis.

Baca juga: Komunikasi Pemasaran: Pengertian dan Tujuannya

Berikut penjelasannya:

Penjualan perorangan (personal selling)

Adalah bentuk komunikasi antarindividu di mana tenaga penjual menginformasikan, mendidik, serta mempersuasi calon konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa perusahaan.

Penjualan perorangan melibatkan tenaga penjual sebagai wakil perusahaan untuk berhubungan langsung dengan konsumen, baik secara tatap muka maupun lewat sarana komunikasi lainnya.

Biasanya penjualan perorangan dilakukan dengan mempresentasikan produk atau jasa oleh tenaga penjual kepada calon konsumen. Setelah itu, tenaga penjual akan menjawab pertanyaan dari konsumen.

Iklan (advertising)

Iklan sebagai bentuk komunikasi pemasaran masih menjadi cara efektif dalam mempromosikan produk atau jasa kepada publik. Umumnya, advertising digunakan untuk membangun citra jangka panjang dari sebuah produk atau perusahaan.

Promosi penjualan (sales promotion)

Bentuk komunikasi pemasaran ini terdiri dari semua kegiatan pemasaran yang berupaya merangsang terjadinya pembelian sebuah produk atau jasa, secara cepat atau dalam waktu singkat.

Berbeda dengan iklan yang hanya menawarkan alasan untuk menggunakan sebuah merek, promosi penjualan sifatnya lebih mendorong pelanggan agar membeli produk dengan iming-iming insentif.

Baca juga: Ciri-ciri Komunikasi Pemasaran

Pemasaran sponsorship (sponsorship marketing)

Adalah bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan dengan cara mengasosiasikan nama merek atau perusahaan dengan kegiatan tertentu, seperti acara lomba, kompetisi besar, kegiatan sosial, dan sebagainya.

Publisitas (publicity)

Hampir sama seperti iklan, publisitas juga menggunakan media massa sebagai sarana penyebaran informasi. Hanya saja, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya dalam melakukan publisitas.

Karena biasanya bentuk komunikasi pemasaran ini dilakukan lewat penulisan berita dan komentar editorial terhadap produk atau jasa milik perusahaan.

Publisitas erat kaitannya dengan humas (hubungan masyarakat).

Dalam acara atau kondisi tertentu, humas sering mengeluarkan pernyataan yang berkaitan dengan sebuah merek atau perusahaan. Sehingga tanpa perlu mengeluarkan uang, perusahaan bisa mendapatkan manfaatnya.

Komunikasi di tempat pembelian (point-of-purchase communication)

Bentuk komunikasi pemasaran ini menggunakan alat peraga, poster, tanda, serta hal lainnya, guna memengaruhi keputusan calon konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa.

Misalnya display barang dalam toko. Penataan produk beserta alat peraga yang tepat akan lebih memancing rasa penasaran konsumen untuk menggunakan produk tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com