Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pentingnya Penemuan Tumbuhan Eceng Gondok

Kompas.com - 12/11/2021, 08:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comEceng gondok merupakan tumbuhan air yang sifatnya invansif dan dianggap merugikan. Namun, ditemukan berbagai penemuan tentang manfaat eceng gondok dalam kehidupan manusia.

Mengapa temuan tentang manfaat tumbuhan eceng gondok ini menjadi penting?

Temuan tentang manfaat tumbuhan eceng gondok menjadi penting karena eceng gondok sering disebut sebagai hama pertanian.

Sehingga para petani kerap kali mencari cara untuk memusnahkan eceng tanaman eceng gondok. Hal ini dikarenakan laju pertumbuhannya yang sangat tinggi.

Menurut T.R Soeprobowati dalam Mitigasi Danau Eutrofik: Studi Kasus Danau Rawapening (2012), eceng gondok memiliki laju pertumbuhan sebesar 7,1 persen per tahun. Artinya, eceng gondok akan bertambah sebanyak 37,6 kali lipat jumlah aslinya hanya dalam waktu satu tahun.

Sehingga, penemuan tentang manfaat tumbuhan eceng gondok dapat membuat tanaman ini lebih dihargai dan dimanfaatkan keberadaannya.

Baca juga: Pemanfaatan Tumbuhan Eceng Gondok

Manfaat penemuan eceng gondok

Penerapan penemuan manfaat eceng gondok dapat membantu memberikan solusi permasalahan polusi air dan juga meningkatkan perekonomian. Berikut penjelasannya: 

Penemuan manfaat eceng gondok memberikan solusi pencemaran air

Menurut Kris Setyanto dan Warniningsih dalam jurnal Pemanfaatan Eceng Gondok untuk Membersihkan Kualitas Air Sungai Sungai Gadjahwong Yogyakarta (2011), dalam waktu 3,6 hari eceng gondok dapat menyerap 50 persen limbah organik dari air.

Selain limbah organik, tanaman eceng gondok juga dapat menyerap kandungan logam berat dalam air yang membahayakan makhluk hidup. Misalnya logam krom, tembaga, kopernisium, merkuri, dan juga kadmium.

Sehingga, penemuan manfaat eceng gondok memberikan solusi pembersihan air yang tercemar untuk kembali bersih. Penggunaan eceng gondok untuk membersihkan air terbilang mudah, murah, dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Penemuan manfaat eceng gondok dapat meningkatkan perekonomian

Penemuan manfaat eceng gondok seperti bergunanya eceng gondok untuk membrishkan polutan, menjadi bahan baku briket (bahan bakar alternatif), ataupun bahan baku kerajinan membuat eceng gondok memiliki daya jual yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

Baca juga: Contoh Kerajinan Tangan dengan Inspirasi Budaya Lokal

Sehingga eceng gondok yang berlimpah dan dianggap hama, sekarang bisa dijual untuk menggerakkan roda perekonomian.

Dalam skala besar, pemanfaatan eceng gondok juga membuka jalur ekspor tanaman tersebut ke luar negeri. Yang kemudian akan menambah devisa negara.

Terlebih lagi tanaman eceng gondok sangat cepat tumbuh, tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan, juga tidak memerlukan banyak perawatan. Sehingga, menjadi salah satu bahan yang berlimpah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com