Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor yang Membedakan Masing-Masing Kenampakan Alam

Kompas.com - 10/11/2021, 19:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber Sciencing

KOMPAS.comKenampakan alam di setiap daerah atau wilayah tentunya berbeda. Perbedaan ini dapat disebabkan oleh faktor geografis, daya tarik, serta keunikannya.

Dikutip dari buku Applied Geotechnics for Engineers (2020) karya Paulus Kurniawan dan M. Basuki Hadimuljono, kenampakan alam merupakan hamparan bentang alam yang punya bentuk beraneka ragam. Contohnya gunung, bukit, lembah, pantai, laut, dan lainnya.

Pada dasarnya, kenampakan alam bisa berbeda karena disebabkan oleh faktor geografis yang dimiliki tiap daerah. Misalnya flora, fauna, dan penduduk kawasan pantai berbeda dengan kawasan perbukitan.

Faktor-faktor yang membedakan antarkenampakan alam 

Apa yang membedakannya dengan kenampakan alam yang lain? Setidaknya ada tiga faktor yang membedakan masing-masing kenampakan alam, yakni faktor geografis, daya tarik, serta keunikan yang dimilikinya. Berikut penjelasannya:

  • Faktor geografis

Melansir dari situs Sciencing, faktor geografis mencakup unsur-unsur yang berkaitan dengan kenampakan permukaan bumi, seperti kondisi iklim, tanah, serta tumbuh-tumbuhan yang ada di suatu kawasan.

Setiap kenampakan alam punya faktor geografis yang berbeda, seperti perbedaan curah hujan, kondisi subur atau tidaknya tanah, serta jenis tanaman. Oleh karena perbedaan faktor geografis, masing-masing kenampakan alam juga menjadi berbeda.

Baca juga: Kenampakan Alam Buatan di Indonesia

  • Keunikan

Keunikan juga menjadi salah satu alasan perbedaan kenampakan alam. Keunikan ini bisa berasal dari kondisi geografisnya, karakteristik wilayahnya, hingga sejarah atau latar belakang yang berkaitan dengan kenampakan alam tersebut.

Sifat unik yang dimiliki suatu kenampakan alam membuatnya menjadi khas, berbeda, serta menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

  • Daya tarik

Menurut Hary Hermawan dan Erlangga Brahmanto dalam buku Geowisata: Perencanaan Pariwisata Berbasis Konservasi (2018), daya tarik bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang punya daya tarik, keunikan, serta nilai tinggi, sehingga sering menjadi tujuan wisata.

Daya tarik dapat menjadi faktor pembeda masing-masing kenampakan alam, karena daya tarik yang dimiliki suatu wilayah sering kali berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com