Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan “Saling Bergantung dan Memengaruhi” serta Contoh dalam Sehari-hari

Kompas.com - 28/09/2021, 15:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiap makhluk hidup tentunya saling bergantung serta saling memengaruhi satu sama lain. Hubungan tersebut sifatnya timbal balik dan hampir terjadi setiap hari.

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata bergantung diartikan sebagai sesuatu hal atau kondisi yang berkaitan pada hal lainnya. Sedangkan kata memengaruhi artinya adalah memberi pengaruh pada suatu hal.

Dalam jurnal Kajian Ekologi Sastra (Ekokritik) dalam Antologi Puisi Merupa Tanah di Ujung Timur Jawa (2018) oleh Nurul Asyifa dan Vera Soraya Putri, disebutkan bahwa antara manusia dan sesamanya, manusia dengan alam, serta alam dan lingkungan, terjadi hubungan timbal balik yang sifatnya saling bergantung dan memengaruhi.

Artinya manusia bergantung pada sesama manusia, alam, dan lingkungan. Tidak hanya bergantung, aktivitas yang dilakukan manusia juga memengaruhi manusia, alam, dan lingkungan sekitarnya.

Maksud ‘saling bergantung dan memengaruhi’

Istilah ‘saling bergantung dan saling memengaruhi’ bisa diartikan sebagai hubungan yang saling membutuhkan satu sama lain. Artinya manusia membutuhkan manusia lainnya, membutuhkan alam, dan juga lingkungan.

Baca juga: Makna Pernyataan Keragaman Sosial Budaya Menjadi Modal Pembangunan

Hubungan yang sifatnya saling membutuhkan ini terus terjadi setiap hari. Jika salah satunya menghilang atau bermasalah, akan berpengaruh pada hal lainnya.

Berikut contoh ‘saling bergantung dan saling memengaruhi’ dalam kehidupan sehari-hari:

  • Manusia membutuhkan petani untuk bisa mendapat beras. Petani juga membutuhkan sapi atau traktor untuk bisa membajak sawah.
  • Manusia membutuhkan penjahit agar bisa memakai pakaian. Penjahit juga membutuhkan penjual kain, benang, dan jarum.
  • Manusia mengolah sumber daya alam untuk bisa dimanfaatkan. Sumber daya alam juga perlu dirawat dan dilestarikan.
  • Manusia membutuhkan tumbuhan agar bisa menghirup oksigen atau udara bersih. Tumbuhan juga memerlukan manusia agar bisa disirami dan dirawat.
  • Manusia membutuhkan kendaraan untuk berpindah tempat. Kendaraan juga memerlukan manusia untuk dipergunakan dan dirawat sebagaimana mestinya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com