Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh Pelukis Aliran Surealisme di Dunia

Kompas.com - 19/07/2021, 12:51 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comSurealisme menimbulkan kesan alam mimpi bagi penikmat seninya. Jenis karya seni ini menghadirkan hubungan yang sifatnya kontradiksi antara mimpi dan kenyataan lewat penggambaran obyeknya.

Surealisme pertama kali diperkenalkan oleh Guillaume Apollinaire, pada 1917. Menurut Sofyan Salam dan teman-teman dalam buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020), surealisme merupakan suatu gerakan dalam dunia sastra, film, dan seni rupa.

Karya seni rupa beraliran surealisme menggambarkan alam pikiran manusia yang berada di bawah alam sadar. Jenis aliran ini menggunakan pendekatan teori psikologi Sigmund Freud, yang menyatakan jika alam pikiran manusia terdiri atas alam sadar dan bawah sadar.

Dikutip dari jurnal Lampu sebagai Simbol dalam Seni Lukis Surealis (2017) karya M. Yasir, karya seni rupa aliran surealisme memiliki beberapa ciri, yaitu terkesan bebas, menampilkan sesuatu yang aneh dan asing, memberi perspektif yang membingungkan, serta berhubungan dengan fantasi.

Baca juga: Tokoh Pelukis Beraliran Naturalisme

Pelukis aliran surealisme di dunia

Perkembangan aliran surealisme di bidang karya seni rupa tentunya tidak dapat dipisahkan dari peran pelukis di dunia. Siapa sajakah tokoh pelukisnya?

  • Salvador Dalí 1939wikipedia.org/Carl Van Vechten photograph collection Salvador Dalí 1939
    Salvador Dali

Melansir dari Encyclopaedia Britannica, Salvador Dali memiliki nama lengkap Salvador Felipe Jacinto Dali y Domenech lahir pada 11 Mei 1904. Salvador Dali menjadi salah satu pelukis aliran surealisme yang terkenal di dunia.

Salah satu karya Salvador Dali yang paling terkenal ialah ‘The Persistence of Memory’. Lukisan ini menampilkan lukisan jam yang seolah meleleh di padang tandus. Selain lukisan ini, Salvador juga memiliki karya lainnya yang berjudul 'The Elephants' (1948), 'Lobster Telephone' (1936), 'The Temptation of St. Anthony' (1946), dan 'The Great Masturbator' (1929).

  • Rene Magritte

Rene Magritte, seniman asal Belgia, lahir pada 21 November 1898. Ia merupakan pelukis aliran surealisme yang cukup terkenal, selain Salvador Dali. Beberapa karya seninya yang cukup dikenal ialah 'The Son of Man' (1964), 'Golconda' (1953), 'The Lovers' (1928), dan 'The False Mirror' (1928).

Baca juga: Aliran Seni Lukis dan Tokohnya

  • Andre Masson

Andre Masson lahir pada 4 Januari 1896. Andre Masson dikenal sebagai salah satu tokoh pelukis aliran surealisme yang karyanya cukup dikenal di dunia. Beberapa contoh karyanya adalah 'Gradiva' (1939), 'Automatic Drawing' (1924), 'Birth of Birds' (1925), dan 'In the Tower of Sleep' (1938).

  • Joan Miro

Joan Miro lahir pada 20 April 1983. Ia merupakan seorang pelukis beraliran surealisme. Beberapa contoh karyanya yang cukup dikenal adalah 'The Beautiful Bird Revealing the Unknown to a Pair of Lovers' (1941), 'Women and Birds at Sunrise' (1946), 'Ciphers and Constellations in Love with a Woman' (1941), 'Still Life with Old Shoe' (1937), dan 'The Birth of the World' (1925).

Selain keempat pelukis di atas, masih ada beberapa pelukis aliran surealisme lainnya, yakni Marc Chagall, Jean Arp, Max Ernst, Paul Klee, Yves Tanguy, serta Roberto Matta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com