Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerak Berirama: Pengertian dan Asal Usulnya

Kompas.com - 13/10/2020, 15:45 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Ari Welianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gerak berirama atau sering disebut senam irama merupakan aktivitas yang dilakukan dengan diiringi musik atau lagu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), senam irama dapat diartikan sebagai aktivitas menggerakkan tubuh dengan mengikuti irama lagu atau musik.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), gerak berirama atau senam irama atau yang dalam Bahasa Inggris lebih dikenal sebagai rhythmic gymnastics merupakan sebuah aktivitas fisik yang dilakukan dengan menggunakan bantuan, seperti tali, bola dan pita.

Gerak berirama atau senam irama dapat mengembangkan kelenturan dan kekuatan tubuh serta koordinasi antara gerak kaki dan tangan.

Organisasi internasional yang menaungi para atlet senam irama adalah Federation Internationale de Gymnastique (FIG).

Baca juga: Senam: Sejarah, Pengertian, Tujuan, Ciri dan Jenis

Sejarah Gerak Berirama 

Gerak berirama memiliki sejarah panjang. Dilansir Olympic.org, senam irama sudah muncul pada abad ke-18.

Saat itu aktivitas tersebut lebih dikenal sebagai gerakan senam kelompok yang disertai dengan beberapa koreografi dasar.

Antusiasme warga Eropa terhadap aktivitas senam pada waktu itu, akhirnya memunculkan kompetisi percobaan untuk senam irama.

Senam irama merupakan perpaduan dari beberapa disiplin ilmu. Contohnya adalah balet klasikal, seperti plies dan arabesques.

Selain itu, juga ada metode yang biasanya digunakan oleh orang Swedia untuk menggunakan musik sebagai iringan saat melakukan berbagai latihan olahraga.

Di Indonesia senam irama dikenal pada 1912 di zaman penjajahan Belanda. Masuknya senam bersamaan dengan ditetapkannya pendidikan jasmani sebagai pelajaran wajib di sekolah-sekolah.

Pada penjajahan Jepang, senam irama dilarang dan diganti dengan Taiso. Taiso adalah sejenis senam pagi yang harus dilaksanaka di sekolah-sekolah. 

Baca juga: Senam Lantai: Pengertian, Ukuran Tempat, Tujuan, dan Teknik

Masuk jenis olahraga

Federation Internationale de Gymnastique (FIG) memasukkan senam irama ke dalam jenis olahraga resmi pada 1963.

Setahun setelahnya, tepatnya pada 1964 di Budapest, Hongaria, diadakanlah kompetisi atau turnamen internasional pertama untuk senam irama.

Ludmila Savinkova dari Uni Soviet adalah juara dunia pertama untuk kategori senam irama.

Diadakannya kompetisi internasional tersebut, tentu menarik perhatian masyarakat dunia secara luas. Setiap tahunnya jumlah atlet untuk senam irama terus bertambah,

Setelah 20 tahun, yakni pada 1984, senam irama dimasukkan ke dalam olimpiade. Lori Fung dari Kanada meraih medali emas untuk kategori senam irama.

Baca juga: Senam Kegel: Manfaat dan Cara Melakukannya

Hingga tahun 1992, kompetisi untuk senam irama hanya diadakan khusus untuk kategori tunggal putri.

Namun, mulai 1996, kategori tim atau kelompok untuk kompetisi senam irama mulai dimasukkan dalam olimpiade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com