Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Bersatu Kita Teguh

Kompas.com - 11/09/2020, 16:21 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai warga negara Republik Indonesia, kita wajib menjaga persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara.

Indonesia merupakan negara dengan beragam kebudayaan. Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, karena mampu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Persatuan dan kesatuan tersebut kemudian dilambangkan pada semboyan Bersatu Kita Teguh.

Dalam buku Kronik Revolusi Indonesia: 1945 (1999) karya Pramoedya Ananta Toer, makna Bersatu Kita Teguh adalah menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi.

Baca juga: Mewujudkan Persatuan Indonesia

Di sini merupakan pembuktian, bahwa Indonesia dengan persatuan dan kesatuan masyarakatnya mampu mengusir penjajah dan meraih kemerdekaan.

Semboyan tersebut juga mencerminkan Sila ke-3 dari Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia. Arti dari Persatuan Indonesia adalah sebagai masyarakat Indonesia harus menjadi satu.

Satu yaitu tidak terpecah-pecah dan bersatu yakni menjadi bangsa yang kuat dan kokoh. Dengan bersatunya kita sebagai sesama warga Indonesia, maka kita mampu mencapai tujuan Indonesia.

Tujuan tersebut salah satunya melindungi seluruh masyarakat dari peperangan dan perpecahan.

Baca juga: 5 Makna Lambang Pancasila

Ilustrasi kerja sama, keanekaragaman.DOK.KOMPAS/RAHARDI HANDINING Ilustrasi kerja sama, keanekaragaman.
Pentingnya persatuan dan kesatuan

Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk menjadi pondasi yang kuat dalam menjaga ketahanan nasional.

Bangsa Indonesia yang dijajah olehberbagai bangsa lain terus berjuang untuk meraih kemerdekaan. karena memiliki visi dan misi yang sama, yaitu bersatu melawan penjajah, akhirnya kemerdekaan Indonesia dapat dicapai.

Baca juga: Butir-butir Pengamalan Pancasila

Dengan rasa persatuan dan kesatuan yang dijaga, maka tercipta suasana yang damai, aman, dan tenteram di tengah-tengah masyarakat.

Sesama warga Indonesia menunjukkan sikap solidaritas dan toleransi yang tinggi, sehingga terwujud kehidupan yang seimbang, selaras, dan serasi antar sesama.

Baca juga: Pemilihan Umum sebagai Wujud Demokrasi Pancasila

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com