Mewujudkan Persatuan Indonesia

Kompas.com - 03/02/2020, 20:30 WIB
Ilustrasi persatuan Indonesia Shutterstock.comIlustrasi persatuan Indonesia

KOMPAS.com - Dalam mewujudkan persatuan Indonesia diawali dengan tahap- tahap pembinaan persatuan, semangat para pemuda dan nilai-nilai kebangsaan.

Pengertian persatuan dan kesatuan

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, istilah persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh dan tidak terpecah belah.

Persatuan merupakan perkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu.

Kesatuan adalah hasil perkumpulan yang telah menjadi satu dan utuh. Maka, kesatuan berkaitan erat dengan keutuhan.

Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.

Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, persatuan Indonesia adalah sebagai faktor kunci, yaitu sebagai sumber semangat, motivasi dan penggerak perjuangan Indonesia.

Hal tersebut, tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi:

"Dan perjuangan pergerakan Indonesia telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa menghantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur".

Baca juga: Butir-butir Pengamalan Pancasila

Tahap-tahap pembinaan persatuan bangsa Indonesia yang paling menonjol adalah:

  • Perasaan senasib

Perasaan senasib sebagai bangsa akan meningkatkan rasa persatuan seluruh rakyat Indonesia. Perasaan senasib karena faktor keterikatan terhadap tempat kelahiran atau menghadapi masalah tertentu.

Halaman:

Sumber Kemdikbud
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X