Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hanya Fisik, Hormon Ternyata Mengalami Penuaan

Kompas.com - 02/04/2024, 19:34 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penuaan merupakan proses yang akan terjadi pada mahluk hidup seiring bertambahnya usia.

Pada manusia, proses penuaan dapat dilihat dengan perubahan-perubahan fisik, seperti muncul kerutan pada kulit, sakit persendian, hingga penurunan fungsi panca indra.

Baca juga: Apakah Ada Cara Memperlambat Proses Penuaan?

Selain perubahan-perubahan yang terlihat tersebut, ternyata proses penuaan juga terjadi pada hormon di dalam tubuh. Apa yang terjadi ketika hormon mengalami penuaan?

Penuaan dan hormon

Ketika mmanusia mengalami penuaan, produksi hormon akan ikut berubah. Beberapa perubahan produksi hormon tersebut yang mempengaruhi penuaan fisik.

Seiring bertambahnya usia, kadar beberapa hormon dalam darah dapat mengalami penuruan.

Dikutip dari laman Medline Plus, penurunan hormon dapat berbeda antara wanita dan pria. Beberapa hormon yang mengalami penurunan produksi pada wanita adalah:

  • Estrogen: Berperan dalam menjaga kesehatan tulang, kulit, dan organ reproduksi. Penurunan hormon estrogen dapat menyebabkan osteoporosis, kulit keriput, serta perubahan suasana hati selama menopause.
  • Progesteron: Bekerja sama dengan estrogen untuk mengatur siklus menstruasi dan kehamilan. Penurunan progesteron dapat menyebabkan insomnia, kecemasan, dan juga menopause.
  • Melatonin: Hormon melatonin membantu mengatur tidur. Penurunan melatonin dapat menyebabkan insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Sedangkan penuaan pada pria dapat mengakibatkan penurunan hormon berupa:

  • Testosteron: Hormon yang berperan dalam membangun massa otot, menjaga libido, dan kesehatan tulang. Penurunan testosteron dapat menyebabkan kelelahan, penurunan massa otot, dan disfungsi ereksi.
  • Hormon pertumbuhan (HGH): HGH membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Penurunan hormon ini dapat menyebabkan kulit kendur, kelelahan, dan berkurangnya massa otot.

Baca juga: Apakah Olahraga Angkat Beban Bisa Menunda Penuaan Kulit?

Menghindari penuaan hormon

Penuaan yang mengakibatkan berkurangnya produksi hormon merupakan proses alami bagi manusia.

Namun, apakah Anda pernah melihat seseorang berumur lebih dari 60 tahun tapi masih terlihat bugar?

Ternyata, terdapat beberapa langkah yang dapat memperlambat penuaan hormon, seperti makan makanan yang sehat dan seimbang, olahraga secara teratur, tidur yang cukup, mengelola stres, dan menghindari rokok serta konsumsi alkohol yang berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com