Dinosaurus Menderita Penyakit Tulang Artritis 90 Juta Tahun Lalu

Kompas.com - 05/02/2024, 13:32 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Fosil dapat memberi tahu kita banyak hal mengenai dinosaurus dan kadang cukup mengejutkan.

Hasil penelitian baru ini misalnya. Studi tersebut berhasil mengungkap kelompok dinosaurus theropoda mungkin menderita penyakit tulang artritis.

Baca juga: Berapa Lama Dinosaurus Bisa Hidup?

Untuk mencapai kesimpulan tersebut, tim peneliti menggunakan kombinasi CT scan dan analisis mikroskopis (juga dikenal sebagai histologi) untuk memeriksa tulang tiga spesies theropoda: Aucasaurus garridoi, Elemgasem nubilus, dan Quilmesaurus curriei.

Ketiganya adalah dinosaurus predator dengan lengan pendek dan tengkorak besar serta kuat yang hidup di Amerika Selatan sekitar 90 hingga 70 juta tahun yang lalu, pada Zaman Kapur Akhir.

Menderita Penyakit Tulang Artritis

Mengutip IFL Science, Kamis (1/2/2024) pemindaian tersebut mengungkap bukti penyakit tulang pada ketiga dinosaurus tersebut.

Di pangkal ekor A. garridoi, para peneliti menemukan dua tulang belakang yang menyatu, yang mereka anggap sebagai kelainan bawaan.

E. nubilus juga memiliki bukti adanya peleburan tulang, serta pertumbuhan berlebih. Dalam kasus ini, para peneliti berpendapat bahwa itu mungkin disebabkan oleh peradangan sendi.

Analisis tersebut juga menyoroti pembentukan tulang yang tidak teratur di salah satu kaki Q. curriei.

Hal tersebut adalah penemuan yang sangat langka. Pasalnya, ahli paleontologi sebelumnya belum menemukan banyak bukti adanya penyakit pada tulang pada theropoda.

Namun masih ada beberapa misteri yang tersisa karena tim tidak dapat memastikan apa penyebab ketidakberesan tersebut.