Mengapa Sebagian Orang Suka Bangun Pagi, DNA Neanderthal Jelaskan

Kompas.com - 21/12/2023, 09:32 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Peneliti baru saja mengungkap alasan mengapa sebagian orang suka bangun pagi.

Menurut studi itu bisa jadi ada kaitannya dengan sepupu manusia yang sudah punah, Neanderthal.

Baca juga: Sejak Kapan Kawin Silang Manusia Modern dan Neanderthal Terjadi?

Studi sebelumnya, menunjukkan bahwa Neanderthal tidak hanya hidup berdampingan dengan Homo sapiens, mereka juga melakukan perkawinan.

Percampuran ini mungkin dimulai ketika manusia modern meninggalkan Afrika sekitar 70.000 tahun yang lalu dan menyebar ke seluruh Eropa dan Asia, yang kemudian bertemu dengan Neanderthal di wilayah tersebut.

Adanya kawin campur itu membuat sebagian besar populasi manusia saat ini diperkirakan memiliki antara 1 hingga 4 persen genomnya yang berasal dari Neanderthal.

Dan seperti dikutip dari Gizmodo, Jumat (15/12/2023) studi baru yang dipublikasikan di jurnal Genome Biology and Evolution ini lantas menyebut bahwa beberapa gen yang bertahan tersebut kemungkinan membantu mengubah kita menjadi orang yang suka bangun pagi.

Bangun pagi

Kecenderungan kita untuk menjadi orang yang bangun pagi atau tidur malam sebagian besar dipengaruhi oleh ritme sirkadian, atau jam tubuh internal kita.

Meskipun jam tubuh setiap orang kira-kira 24 jam, beberapa penelitian menunjukkan bahwa periode sirkadian yang lebih pendek dapat membuat kita lebih baik dalam tertidur dan bangun lebih awal.

Faktor-faktor lain seperti garis lintang suatu daerah juga memengaruhi apakah seseorang bangun pagi atau tipe orang yang terjaga hingga larut malam.

Dan penelitian menunjukkan seseorang bangun pagi di daerah yang lintangnya lebih tinggi.