Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Trilobita Mampu Mengungkap Masa Lalu Bumi

Kompas.com - 03/12/2023, 08:00 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini sebuah penelitian menemukan sepuluh varietas trilobita yang ditemukan ternyata tersembunyi di wilayah Thailand selama 490 juta tahun. 

Penemuan fosil trilobita yang terperangkap dalam lapisan tufa hasil letusan gunung berapi di Ko Tarutao memberikan wawasan unik tentang masa lalu Bumi, dikutip dari Science Daily edisi (21/11/2023).

Baca juga: Seperti Apa Fosil Laba-laba Terbesar yang Ditemukan di Australia?

Studi fosil trilobita mengungkap masa lalu

Dengan menggunakan teknik isotop radio peneliti Nigel Hughes dari Universitas California Riverside dapat menentukan usia letusan gunung api dan fosil tersebut.

Tufa adalah lapisan batuan keras yang mengandung kristal zirkon stabil secara kimia dan tahan cuaca.

Tufa dari zaman akhir Kambrium sekitar 497 hingga 485 juta tahun lalu jarang ditemukan membuat penemuan ini sangat berharga.

Selain mengungkap usia fosil di Thailand hal ini dapat memberikan pemahaman lebih lanjut tentang wilayah lain di dunia di mana fosil serupa ditemukan pada batuan yang sulit ditentukan usianya.

Penelitian di pulau Ko Tarutao Thailand memunculkan temuan menarik berupa 12 jenis trilobita yang belum pernah terlihat di Thailand sebelumnya.

Penemuan ini menghubungkan Thailand dengan Australia, membuka pintu wawasan geologis di masa lalu ketika Thailand berada di pinggiran luar Gondwanaland benua super kuno.

“Kami sekarang dapat menghubungkan Thailand ke beberapa bagian Australia, sebuah penemuan yang sangat menarik.” kata Shelly Wernette, penulis utama studi ini.

Namun, penelitian ini juga menyoroti tantangan dalam memahami pergeseran benua sepanjang waktu.

Baca juga: Fosil Duri Bulu Babi Ungkap Kondisi Laut Dalam 100 Juta Tahun Lalu

Para peneliti merasa bahwa gambaran dunia kuno yang tersembunyi di dalam fosil yang mereka temukan mengandung informasi yang sangat berharga untuk masa kini.

“Apa yang kita miliki di sini adalah sebuah kronik perubahan evolusioner yang disertai dengan kepunahan. Bumi telah menuliskan catatan ini untuk kita,” kata Nigel Hughes, profesor geologi UC Riverside.

Lantas, apa sebenarnya hewan trilobita itu?

Trilobita hidup 542 juta tahun yang lalu

Dilansir dari Britannica, Kamis (23/11/2023), trilobita adalah hewan laut yang pertama kali muncul sekitar 542 juta tahun yang lalu dan mendominasi lautan pada masa itu.

Meskipun jumlah mereka berkurang seiring berjalannya waktu, beberapa jenis bertahan hingga sekitar 251 juta tahun yang lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com