Fosil Trilobita Mampu Mengungkap Masa Lalu Bumi

Kompas.com - 03/12/2023, 08:00 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Baru-baru ini sebuah penelitian menemukan sepuluh varietas trilobita yang ditemukan ternyata tersembunyi di wilayah Thailand selama 490 juta tahun.

Penemuan fosil trilobita yang terperangkap dalam lapisan tufa hasil letusan gunung berapi di Ko Tarutao memberikan wawasan unik tentang masa lalu Bumi, dikutip dari Science Daily edisi (21/11/2023).

Baca juga: Seperti Apa Fosil Laba-laba Terbesar yang Ditemukan di Australia?

Studi fosil trilobita mengungkap masa lalu

Dengan menggunakan teknik isotop radio peneliti Nigel Hughes dari Universitas California Riverside dapat menentukan usia letusan gunung api dan fosil tersebut.

Tufa adalah lapisan batuan keras yang mengandung kristal zirkon stabil secara kimia dan tahan cuaca.

Tufa dari zaman akhir Kambrium sekitar 497 hingga 485 juta tahun lalu jarang ditemukan membuat penemuan ini sangat berharga.

Selain mengungkap usia fosil di Thailand hal ini dapat memberikan pemahaman lebih lanjut tentang wilayah lain di dunia di mana fosil serupa ditemukan pada batuan yang sulit ditentukan usianya.

Penelitian di pulau Ko Tarutao Thailand memunculkan temuan menarik berupa 12 jenis trilobita yang belum pernah terlihat di Thailand sebelumnya.

Penemuan ini menghubungkan Thailand dengan Australia, membuka pintu wawasan geologis di masa lalu ketika Thailand berada di pinggiran luar Gondwanaland benua super kuno.

“Kami sekarang dapat menghubungkan Thailand ke beberapa bagian Australia, sebuah penemuan yang sangat menarik.” kata Shelly Wernette, penulis utama studi ini.

Namun, penelitian ini juga menyoroti tantangan dalam memahami pergeseran benua sepanjang waktu.