Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Dokter Terkejut Saat Temukan Lalat Utuh di Usus Besar Seorang Pria

Kompas.com - 27/11/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Para dokter di Missouri, Amerika Serikat, terkejut ketika menemukan lalat di usus seorang pria saat melakukan pemeriksaan rutin.

Gambar yang diambil selama prosedur kolonoskopi (pemeriksaan kesehatan usus besar) dan dipublikasikan di American Journal of Gastroenterology menunjukkan lalat utuh di dalam usus besar pria tersebut.

Matthew Bechtold, Kepala Gastroenterologi di Universitas Missouri, mengatakan kepada The Independent bahwa ka telah menusuk lalat itu dan memastikannya sudah mati.

Temuan paling misterius

Pasien berusia 63 tahun tersebut mengatakan kepada dokter bahwa ia hanya mengonsumsi cairan bening sehari sebelum prosedur dan tidak tahu bagaimana lalat bisa masuk ke usus besarnya.

Baca juga: Sains Jelaskan Penyebab Lalat Sangat Sulit Ditangkap

Selain itu, ia makan pizza dan selada untuk makan malam dua hari sebelum prosedur, tetapi tidak ingat jika ada lalat di makanannya.

Temuan ini dianggap sebagai temuan kolonoskopi yang sangat langka dan misterius, mengingat bagaimana cara lalat utuh menemukan jalannya hingga ke usus besar yang melintang.

Kolon transversum adalah bagian usus besar yang paling panjang. Bechtold menjelaskan bahwa lalat bisa saja mencapainya dengan masuk ke tubuh pasien melalui mulut atau rektum.

Ia mengatakan, jika lalat tersebut masuk melalui mulut, kemungkinan besar lalat tersebut telah “didegradasi” oleh enzim pencernaan bagian atas dan asam lambung, artinya hal tersebut tidak mungkin terjadi.

Namun, menurut Bechtold, kecil juga kemungkinan lalat itu masuk melalui rektum.

Baca juga: Apakah Efek Makan Makanan yang Sudah Dihinggapi Lalat?

Jika dari bawah, Bechtold mengatakan, pasti ada lubang yang dibuat cukup panjang agar lalat bisa terbang tanpa terdeteksi ke dalam usus besar dan entah bagaimana bisa sampai ke bagian tengah usus besar tanpa cahaya di usus besar yang sangat melengkung.

Serangga memang bisa saja masuk ke saluran pencernaan, jika makanan yang dikonsumsi mengandung telur atau larva serangga.

Hal ini dapat menyebabkan "miasis usus" yang disebabkan oleh larva lalat yang memakan jaringan hidup seseorang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com