Berapa Banyak Orang yang Dibunuh Genghis Khan?

Kompas.com - 19/11/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Genghis Khan dikenal sebagai pemimpin Mongol dan juga penakluk berpengaruh di dunia yang mendirikan kerajaan darat terbesar dalam sejarah.

Setelah menyatukan suku-suku nomaden di dataran tinggi Mongolia, ia menaklukan sebagian besar Asia Tengah dan Tiongkok.

Baca juga: Misteri Makam Genghis Khan, di Manakah?

Melansir History, keturunannya kemudian juga ikut memperluas penaklukan lebih jauh lagi, seperti Polandia, Vietnam, Suriah, hingga Korea.

Pada puncak kejayaannya, bangsa Mongol menguasai wilayah seluas 11 hingga 12 juga mil persegi, atau kira-kira seluas Afrika.

Namun, penaklukan itu juga harus dibayar mahal. Banyak orang dibanti selama invasi Genghis Khan. Tapi berapa banyak orang yang menjadi korban dari invasi tersebut?

Mengutip IFL Science, Jumat (17/11/2023) menurut para peneliti, tentara Mongol membantai sekitar 30 persen dari 115 juta orang yang mereka temui.

Temuan itu didapat setelah peneliti merekonstruksi pola penggunaan lahan di seluruh dunia dari tahun 800 M hingga saat ini.

Pejuang iklim pertama

Tapi di balik penaklukan berdarah itu, peneliti menemukan pula bahwa apa yang dilakukan oleh Genghis Khan secara tidak sengaja membantu mendinginkan planet ini.

Berdasarkan inti es Antartika, para ilmuwan telah mengidentifikasi penurunan karbon atmosfer secara tiba-tiba sekitar tiga bagian per juta (ppm) antara tahun 1200 hingga 1470 M.

Kurun waktu itu secara kasar berkorelasi dengan invasi Mongol ke Asia serta Wabah Black Death di Eropa.

Peneliti punya teori bahwa pemusnahan manusia akan menghentikan deforestasi, sehingga memungkinkan lebih banyak tumbuh pohon dan bertindak sebagai penyerap karbon.