Penelitian Baru Ungkap Efek Buruk Obesitas bagi Kesehatan Kucing

Kompas.com - 16/11/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Obesitas pada kucing adalah gangguan nutrisi yang paling sering dialami oleh kucing rumahan. Tanda-tanda klinisnya terlihat jelas dan harus segera ditangani dengan serius.

Obesitas tentu akan menghambat kemampuan kucing untuk melakukan aktivitas fisik serta menurunkan kualitas hidupnya. Kelebihan berat badan yang signifikan juga dapat memperburuk beberapa penyakit.

Efek obesitas pada kucing menurut penelitian

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 29 September 2023 di Journal of Animal Science, sama seperti manusia, bertambahnya berat badan sering kali menyebabkan sejumlah masalah kesehatan yang berbeda pada kucing, seperti perubahan pada sistem pencernaan, diabetes tipe 2, dan peradangan kronis.

Untuk mengetahui apa yang terjadi ketika kucing terbiasa makan berlebihan, para ilmuwan mengumpulkan 11 ekor kucing betina dewasa yang telah dimandikan dan membiarkan mereka melahap makanan kering sebanyak yang mereka inginkan.

Baca juga: Kucing Punya Lebih dari 200 Ekspresi untuk Berkomunikasi

Penelitian ini juga melibatkan beberapa kucing yang diberi makanan secara terkontrol untuk membandingkan efek dari asupan makanan mereka.

Skor kondisi tubuh rata-rata (BCS) kucing yang makan berlebihan adalah 5,41 pada skala 9 poin di awal penelitian, tetapi setelah 18 minggu makan berlebihan, angka tersebut melonjak hingga 8,27, yang setara dengan 30% kelebihan berat badan.

Saat kucing mulai melakukan aktivitasnya, para peneliti mengamati tidak hanya ada lonjakan produksi kotoran, tetapi juga peningkatan waktu transit gastrointestinal, yang merupakan jumlah waktu antara makan dan buang air besar.

Menurut Kelly Swanson, profesor dan direktur sementara Divisi Ilmu Nutrisi di Universitas Illinois Urbana-Champaign, obesitas menyebabkan berkurangnya waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan yang dikonsumsi sehingga mengakibatkan berkurangnya efisiensi pencernaan.

Swanson menambahkan, obesitas juga memengaruhi mikrobiota tinja kucing, yang kemungkinan karena berkurangnya efesiensi pencernaan.