Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Tak Terduga Kloroplas dalam Sistem Kekebalan Tanaman

Kompas.com - 02/11/2023, 08:00 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanaman memiliki sistem kekebalan yang kompleks untuk melindungi diri dari serangan patogen.

Biasanya, peran utama dalam sistem kekebalan tanaman ini dianggap sebagai tanggung jawab sitoplasma sel, inti sel, dan organel selular lainnya.

Baca juga: Kloroplas Tanaman Berpotensi Jadi Obat untuk Penyakit Huntington

Namun, penelitian terbaru telah mengungkapkan peluang baru dalam memahami peran kloroplas, organel penting dalam fotosintesis, dalam menjaga kekebalan tanaman. 

Dikutip dari Earth.com, Senin (30/10/2023), para ilmuwan yang dipimpin oleh Universitas California, Davis, telah melakukan studi baru-baru ini yang mengungkapkan peran kloroplas dalam memperkuat sistem kekebalan tanaman terhadap patogen virus dan bakteri.

Penemuan ini mengungkapkan peran tambahan kloroplas yang selama ini dikenal hanya sebagai pabrik makanan tanaman dari energi matahari.

Imun tanaman

Penelitian sebelumnya mengindikasikan bahwa produksi stromula meningkat saat tanaman mendeteksi infeksi, mengisyaratkan kemungkinan peran pentingnya dalam kekebalan tanaman.

Stromula tampaknya bertindak sebagai kolektor kloroplas di sekitar inti sel dan berfungsi sebagai saluran untuk mentransmisikan sinyal pertahanan.

Dalam studi terbaru ini, para peneliti telah mengidentifikasi protein kunci yang terkait dengan pembentukan stromula selama respons imun tanaman.

Para ahli memfokuskan penelitian mereka pada kinesin, yaitu protein motorik yang memfasilitasi pergerakan intraseluler, dan seringkali berhubungan dengan sitoskeleton sel yang terdiri dari mikrotubulus dan filamen aktin.

Baca juga: Perlukah Mengonsumsi Suplemen Klorofil?

Mereka tertarik pada kinesin tumbuhan yang memiliki kemampuan unik untuk berinteraksi dengan kedua jenis serat sitoskeletal ini.

Penelitian menemukan bahwa kinesin KIS1 adalah protein yang memicu pembentukan stromula, dan stromula ini memerlukan mikrotubulus dan aktin.

Penulis senior, Savithramma Dinesh-Kumar, ahli biologi tumbuhan dari UC Davis, menekankan pentingnya penemuan ini.

"Jika kita dapat memahami lebih dalam bagaimana organel seperti kloroplas membantu sel dalam pertahanan diri di tingkat sel, kita berpotensi untuk mengembangkan cara meningkatkan resistensi terhadap patogen," ungkapnya.

Hasil studi ini memiliki potensi untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap patogen melalui pemahaman yang lebih baik tentang peran stromula.

Peran kloroplas untuk imun tanaman

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal MDPI pada tahun 2019 juga membahas peran kloroplas dalam memperkuat sistem kekebalan tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com